BerandaTradisinesia
Rabu, 7 Des 2022 11:11

Sumber Mata Air Kuno di Sragen, Sendang Turi

Sumber Mata Air Kuno di Sragen, Sendang Turi

Ilustrasi: Sendang Turi di Sragen yang nggak pernah kering. (Pixabay)

Di Sragen, ada satu sendang yang sejak dahulu nggak pernah kekeringan. Konon, sendang ini dipercaya sebagai pesanggrahan bagi keluarga Kerajaan Majapahit. Nama sendang tersebut adalah Sendang Turi.

Inibaru.id – Pernah menonton film KKN di Desa Penari? Di film itu, diceritakan ada sebuah sendang yang digunakan untuk mandi penduduk desa dan para anak KKN.

Beda dengan sendang yang ada di film tersebut, sendang yang terletak di Kampung Turi, Kelurahan Sine, Kecamatan Sragen tampak lebih kecil. Jika dilihat dari kejauhan, sendang ini lebih mirip seperti sumur yang ditimba secara manual.

Berlokasi di Desa Sulit Air

Meski hanya berkedalaman dua sampai tiga meter, Sendang Turi nggak pernah surut. Padahal, menurut keterangan Tribun Solo (22/10/21), Kampung Turi dulunya merupakan sebuah wilayah yang sering mengalami masalah kekurangan air bersih, khususnya saat musim kemarau.

Salah seorang warga bernama Mbah Sonto Drono yang sudah jengah dengan hal ini kemudian berinisiatif untuk mencari sumber mata air di sekitar desa. Bersama anak laki-lakinya, Mbah Sonto kemudian menemukan lokasi yang dia yakini memiliki sumber mata air.

Setelah menggali sekitar dua atau tiga meter, tiba-tiba sebuah batu melesat dari dasar tanah. Batu tersebut mengenai dada Mbah Sonto dan membuatnya pingsan. Nah, saat nggak sadar, Mbah Sonto bermimpi didatangi sesosok mahluk yang berterima kasih karena telah dibebaskan. Sosok itu juga bercerita bahwa dirinya dihukum seorang ratu hingga terjepit di dalam tanah sejak ratusan tahun yang lalu.

Sedang Turi yang berada di tengah kerimbuhan pohon beringin. (Solopos)
Sedang Turi yang berada di tengah kerimbuhan pohon beringin. (Solopos)

Setelah Mbah Sonto terbangun, dia mendapati tanah yang dia gali mulai mengeluarkan air. Nama mata air tersebut kemudian dinamai Sendang Turi yang nggak pernah surut hingga sekarang.

Sempat Jadi Pesanggarahan Raja Brawijaya

Warga yang bersyukur dengan adanya sumber air berinisiatif untuk merenovasi lokasi Sendang Turi agar lebih kokoh pada 1990-an. Setelah disemen dan berbentuk seperti sumur, warga pun mengenalnya sebagai Oro-Oro Bender. Menariknya, meski menyediakan air yang melimpah, area sekitar sendang nggak bisa ditumbuhi tanaman apapun.

O ya, konon, tempat ini dulu juga pernah dijadikan pesanggrahan Raja Brawijaya, salah seorang raja dari Kerajaan Majapahit. Menurut Solopos, (10/1/2021), dulu warga sempat menemukan sejumlah peralatan dari bahan logam, tembikar, atau bahkan emas yang dipakai anggota kerajaan saat mampir ke sendang tersebut.

Menarik juga ya, Millens cerita tentang Sendang Turi ini. (Kharisma Ghana Tawakal/E07)

Tags:

Inibaru Indonesia Logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Sosial Media
A Group Member of:
medcom.idmetro tv newsmedia indonesialampost

Copyright © 2023 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved