BerandaTeknologi
Kamis, 10 Mei 2023 17:00

Cara Install Game Di Laptop Dengan Mudah

Ilustrasi: Install game di laptop. (Harapan Rakyat)

Bermain game di laptop adalah aktivitas yang sangat menyenangkan, apalagi jika dilakukan setelah lelah bekerja seharian. Masalahnya, nggak semua orang tahu cara menginstall game di laptop. Nah, kalau kamu penasaran untuk melakukannya, berikut adalah cara install game di komputer yang perlu kamu ketahui.

Inibaru.id - Meski kini banyak game yang bisa dimainkan di ponsel, nyatanya lebih banyak orang yang tertarik untuk memainkannya di laptop. Selain layar yang lebih besar, detail game juga bakal lebih mudah kamu nikmati jika memainkannya di komputer.

Masalahnya, nggak semua orang tahu cara install game di laptop dengan benar. Seringkali, mereka meminta bantuan orang lain atau bahkan membayar mereka untuk melakukannya. Hal ini tentu cukup merepotkan, bukan?

Nah, kalau kamu pengin melakukannya sendiri, simak deh cara install game di komputer berikut ini.

1. Cara install game di laptop melalui Windows Store

Menu Game di Microsoft Store (apps.microsoft.com)

Windows Store adalah aplikasi resmi dari Microsoft yang menyediakan berbagai macam aplikasi dan game baik itu yang gratis maupun yang berbayar. Windows Store akan langsung terpasang secara otomatis di laptop jika kamu memakai Windows versi 10, 8, dan 8.1.

Pastikan Windows Store sudah terhubung dengan akun Microsoft sebelum mulai mengunduh game. Setelah itu, ikuti langkah berikut ini.

  1. Ketik “Windows Store/Microsoft Store” di kolom pencarian yang ada di pojok kiri bawah layar komputer
  2. Jalankan aplikasi “Windows Store/Microsoft Store”
  3. Kemudian pilih kategori Game
  4. Cari dan pilih game yang diinginkan
  5. Selanjutnya klik install
  6. Tunggu sampai proses unduhan selesai dan game siap untuk dimainkan

2. Cara install game di laptop melalui Steam

Menu Store di Steam (store.steampowered.com)

Bagi para pecinta game PC, Steam merupakan aplikasi yang sudah nggak asing lagi. Selain untuk mengunduh game, Steam juga dapat membantu player untuk berkomunikasi dengan player lain yang sedang bermain di Steam, baik itu melalui chat ataupun voice.

Sebelum mengunduh game melalui Steam, pastikan laptop kamu sudah terpasang aplikasi Steam. Jika belum, bisa mengunduhnya terlebih dahulu di website resminya. Sama seperti Windows Store, Steam menyediakan game gratis dan berbayar.

Nah, berikut adalah tahapan cara menginstall game lewat Steam.

  1. Jalankan aplikasi Steam
  2. Login menggunakan akun Steam kamu
  3. Setelah di halaman utama, buka menu “Store”
  4. Pilih game yang diinginkan. Jika kamu memilih kategori “Free to Play”, klik “Play game” dan centang opsi “Create Desktop Shortcut”, lalu pilih next
  5. Jika kamu pengin mengunduh game berbayar, klik “Add to Cart”. Setelah itu, cari menu “Cart” dan pilih “Purchase for Myself”. Selanjutnya pilih cara bayar dan klik “Next”
  6. Kamu tinggal menunggu sampai proses unduhan selesai dan game akan muncul secara otomatis di layar komputer kamu.

3. Cara install game di laptop melalui Epic Games

Menu Store di Epic Games (store.epicgames.com)

Sama seperti Steam, Epic Games adalah salah satu platform game besar yang menyediakan banyak opsi permainan untkmu. Tapi, harap diingiat, game yang ada di Steam nggak bisa ditemui di Epic Games, begitu juga sebaliknya. Jadi, kamu harus benar-benar cermat memilih game yang memang kamu inginkan.

Sebelum mendownload game melalui Epic Games, pastikan laptop sudah terinstal aplikasi Epic Games. Jika belum, unduh dulu melalui website resminya. Jika sudah, kamu tinggal mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Jalankan aplikasi Epic Games.
  2. Login menggunakan akun Epic Games kamu.
  3. Pilih game yang diinginkan. Jika kamu memilih kategori “Free to Play”, klik “Get” dan “Place Order”. 
  4. Jika kamu memilih kategori game berbayar, klik “Buy Now”. Setelah itu, pilih cara bayar dan klik “Place Order”.
  5. Jika sudah, kamu tinggal mencari menu “Library” dan klik install di bawah game yang diinginkan. Tunggu sampai proses unduhan selesai dan game siap untuk dimainkan.  

Gimana, nggak sulit bukan cara unduh game di laptop? Semoga kamu bisa segera memainkan game yang kamu inginkan, ya, Millens? (Adisty R Viendra/E07)

Tags:

ARTIKEL TERKAIT