BerandaPasar Kreatif
Minggu, 4 Agu 2018 10:00

Ide Nyentrik Keripik Jomblo Beromzet Puluhan Juta

Abdul Haaq dan Keripik Jomblo. (instagram/keripikjombloid)

Berawal dari tugas kuliah, siapa sangka jika bisnis keripik singkong pedas milik Abdul Haaq bisa sesukses sekarang. Bernama Keripik Jomblo, keripik ber-tagline unik tersebut kini beromzet puluhan juta.

Inibaru.id - Sobat Millens lagi jomblo? Mungkin camilan ini cocok di lidah kamu. Namanya Keripik Jomblo, keripik singkong pedas buat para jombloers.

Mengutip detik.com (8/6/2018), keripik bernama unik tersebut merupakan produk buatan Abdul Haaq, pemuda asal Bekasi. Dirintis pada 2014, usaha keripik singkong tersebut berawal dari tugas kampus salah seorang sahabatnya. Saat itu, Abdul yang juga berkeinginan merintis sebuah bisnis kemudian mengajak sahabatnya untuk membuat Keripik Jomblo.

Eh, tapi kenapa namanya Keripik Jomblo? Menurut Abdul, ini lantaran fenomena jomblo dari dulu hingga sekarang bahkan mungkin sampai berpuluh-puluh tahun nanti akan tetap akan ada. Sehingga mereka memilih nama nyetrik tersebut untuk keripik buatan mereka.

Keripik Jomblo. (Bukalapak.com)

Omzet Puluhan Juta

Nah, saat dijual di kampus, nggak disangka respon yang diterima cukup baik. Alhasil, bisnis keripik tersebut terus berlanjut. Bahkan, produk keripik yang menggunakan total modal awal Rp 1 juta tersebut kini memiliki omzet hingga puluhan juta, lo. Ya, dalam sebulan Keripik Jomlo bisa terjual hingga 5 ribu bungkus dengan omzet bisa mencapai Rp 50 juta. Wow!

Eits, tapi tentunya hal tersebut nggak didapat dengan mudah, lo. Berbagai kendala sempat mereka alami terutama saat awal merintis bisnis tersebut. Bahkan, usaha Keripik Jomblo sempat vakum, sebelum akhirnya bisa stabil seperti sekarang.

Salah satu kendala yang di alami yaitu bahan baku. Saat awal merintis, Abdul merasa sangat kesulitan untuk mendapatkan bahan baku berkualitas bagus. Sempat membeli dua karung bahan baku di pasar induk, ternyata hanya bagian atas saja yang bagus, sehingga menyebabkan harus gagal produksi.

Belum lagi adanya kenaikan harga minyak yang berimbas kepada semua harga pokok untuk produksi keripik. Mulai dari harga singkong, kemasan hingga pengiriman. Nggak tanggung-tanggung, hal tersebut membuat penjualan Keripik Jomblo menurun hingga 80%. Karena itu mereka sempat memutuskan untuk vakum.

Kemasan Unik

Tagline unik Keripik Jomblo. (instagram/keripikjombloid)

Memiliki tagline “cemilan anti galau”, Keripik Jomblo memiliki 3 level rasa kepedasan. Uniknya, level kepedasan keripiknya juga diberi nama yang nggak kalah nyentrik. Ada rasa di PHP-in, untuk tingkat level kepedasan terendah, rasa diputusin untuk level kepedasan sedang dan untuk level terpedas ada rasa ditinggal kawin. Wah, ada-ada saja ya?

Selain itu, kemasan keripiknya juga nggak kalah unik. Berwarna merah, kemasan Keripik Jomblo memiliki quote atau kata-kata buat para jomblo Indonesia.  

Wah, inspiratif banget ya, Millens? (IB05/E05)

Tags:

ARTIKEL TERKAIT

Bakmi Palbapang Pak Uun Bantul, Hidden Gem Kuliner yang Bikin Kangen Suasana Jogja

2 Des 2025

Bahaya Nggak Sih Terus Menancapkan Kepala Charger di Soket Meski Sudah Nggak DIpakai?

2 Des 2025

Lebih Mudah Bikin Paspor; Imigrasi Semarang Resmikan 'Campus Immigration' di Undip

2 Des 2025

Sumbang Penyandang Kanker dan Beri Asa Warga Lapas dengan Tas Rajut Bekelas

2 Des 2025

Mengapa Kebun Sawit Nggak Akan Pernah Bisa Menggantikan Fungsi Hutan?

2 Des 2025

Longsor Berulang, Sumanto Desak Mitigasi Wilayah Rawan Dipercepat

2 Des 2025

Setujui APBD 2026, DPRD Jateng Tetap Pasang Target Besar Sebagai Lumbung Pangan Nasional

28 Nov 2025

Bukan Hanya Padi, Sumanto Ajak Petani Beralih ke Sayuran Cepat Panen

30 Nov 2025

Pelajaran Berharga dari Bencana Longsor dan Banjir di Sumatra; Persiapkan Tas Mitigasi!

3 Des 2025

Cara Naik Autograph Tower, Gedung Tertinggi di Indonesia

3 Des 2025

Refleksi Akhir Tahun Deep Intelligence Research: Negara Harus Adaptif di Era Kuantum!

3 Des 2025

Pelandaian Tanjakan Silayur Semarang; Solusi atau Masalah Baru?

3 Des 2025

Spunbond, Gelas Kertas, dan Kepalsuan Produk Ramah Lingkungan

3 Des 2025

Regenerasi Dalang Mendesak, Sumanto Ingatkan Wayang Kulit Terancam Sepi Penerus

3 Des 2025

Ajak Petani Jateng Berinovasi, Sumanto: Bertani Bukan Lagi Pekerjaan Sebelah Mata

23 Nov 2025

Sumanto: Peternakan Jadi Andalan, Tapi Permasalahannya Harus Diselesaikan

22 Nov 2025

Versi Live Action Film 'Look Back' Garapan Koreeda Hirokazu Dijadwalkan Rilis 2026

4 Des 2025

Kala Warganet Serukan Patungan Membeli Hutan Demi Mencegah Deforestasi

4 Des 2025

Mahal di Awal, tapi Industri di Jateng Harus Segera Beralih ke Energi Terbarukan

4 Des 2025

Tentang Keluarga Kita dan Bagaimana Kegiatan 'Main Sama Bapak' Tercipta

4 Des 2025

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

A Group Member of

Ikuti kamu di: