BerandaKulinary
Kamis, 19 Apr 2023 11:00

Tips Memasak Rendang Agar Dagingnya Empuk

Tips memasak rendang agar dagingnya empuk. (Butterkicap)

Sudah berusaha mengikuti resep memasak rendang tapi dagingnya tetap alot? Coba deh tips memasak daging rendang agar lebih empuk berikut ini, Millens.

Inibaru.id – Selain ada di rumah makan padang, kamu juga bisa memasak sendiri rendang di dapur. Asalkan mengolahnya sesuai dengan resep yang bisa kamu temui di buku atau internet, rasanya pasti enak. Tapi, terkadang karena kurang berpengalaman dalam mengolahnya, daging rendang alot dan susah untuk digigit ataupun dikunyah, ya?

Kalau sudah begitu, orang yang makan rendang akan kesusahan. Bisa jadi, hal ini malah menghilangkan selera makan, lo. Sayang banget ya mengingat reputasi rendang selama ini dikenal sebagai salah satu penganan paling enak di dunia.

Berikut adalah tips memasak rendang agar dagingnya lebih empuk dikutip dari Fimela, Sabtu (15/4/2023). Simak baik-baik, ya!

1. Daging Dibungkus Di Dalam Daun Pepaya

Trik ini sebenarnya sudah diketahui cukup banyak orang. Tapi, kalau kamu termasuk orang yang belum lama belajar masak, bisa jadi trik ini adalah sesuatu yang baru. Meski begitu, kamu harus tahu kalau kamu nggak bisa asal memasukkan daging ke dalam daun pepaya ya, Millens?

Daun pepayanya sebaiknya kamu remas-remas dulu sampai getahnya keluar. Setelah dirasa cukup, kamu tinggal membungkus daging di dalam daun pepaya dan mendiamkannya sekitar 30 menit. Setelah itu, barulah kamu membumbui daging dan memasaknya menjadi rendang, deh.

2. Daging Bisa Dibalur dengan Parutan Nanas

Daging harus diolah dulu sebelum dijadikan rendang. (Viva/Nugie)

Trik lain yang bisa digunakan untuk membuat daging rendang jadi lebih lembut adalah dengan memakai parutan nanas segar. Caranya mudah kok, kamu tinggal membaluri daging tersebut dengan parutan nanas tersebut, kemudian mendiamkannya selama 25-30 menit. Setelah itu, daging pun bisa kamu masak menjadi rendang.

3. Daging Bisa Dibalur dengan Parutan Buah Pir

Nggak hanya dengan parutan nanas, daging yang akan kamu olah menjadi rendang bisa kamu baluri dengan parutan buah pir. Setelah dibalur, diamkan potongan daging tersebut selama sekitar setengah jam sebelum kamu masak.

4. Merebusnya Dengan Teknik Khusus

Kalau yang satu ini, kamu harus sedikit cermat. Soalnya, daging harus direbus di dalam air dengan teknik khusus 5-30-7. Angka 5 berarti kamu harus merebus daging di dalam air mendidih selama 5 menit. Setelah itu, matikan kompor dan menutup pancinya selama 30 menit. Setelah dibiarkan, kamu bisa merebus daging lagi di dalam air mendidih selama 7 menit. Dijamin, daging jadi lebih empuk.

Kalau kamu terbiasa memakai teknik yang mana untuk membuat daging rendang jadi lebih empuk, nih, Millens? (Arie Widodo/E10)

Tags:

ARTIKEL TERKAIT