BerandaKulinary
Minggu, 31 Agu 2024 18:07

Mencicipi Kelezatan Satai Sapi Pak Heru Purworejo

Satai Sapi Pak Heru Purworejo. (Googleuser/Ramadhan Febri)

Bosan dengan satai kambing atau satai ayam? Cobain deh Satai Sapi Pak Heru Purworejo yang sudah melegenda. Seperti apa ya kelezatan aneka penganan yang disediakan di sana?

Inibaru.id – Ada banyak jenis satai di Indonesia. Tapi, yang paling sering dijual adalah satai ayam dan satai kambing. Padahal, ada juga jenis satai lain seperti satai kelinci, satai kuda, hingga satai sapi. Nah, jika kamu kebetulan penasaran dengan rasa satai sapi dan sedang ada di Purworejo, Jawa Tengah, bisa lo mampir ke Satai Sapi Pak Haru.

Lokasinya ada di Dusun I, Desa Purwodadi, Kecamatan Purwodadi. Tepatnya persis di dekat lampu lalu lintas di Perempatan Purwodadi. Kalau dari Alun-alun Purworejo, jaraknya sekitar 12 kilometer ke arah selatan. Meski dikenal sebagai tempat wisata legendaris, jangan kira tempat makannya sudah besar ya. Satai Sapi Pak Heru masih berada di warung yang sederhana. Tapi, di balik kesederhanaan warungnya, kelezatan satai sapinya dijamin mantap jaya!

Kalau menurut keterangan pengelola warung ini, Siti Rohayah, warung yang dia kelola bersama dengan suaminya, Pak Heru ini sebenarnya sudah eksis selama kurang lebih 40 tahunan. Tapi, mereka baru menyediakan menu satai sapi dalam 15 tahun belakangan.

“Dulu kamu hanya menyediakan satai kambing. Tapi pas jualan kok banyak yang menanyakan satai sapi. Akhirnya suami saya mencoba untuk nambah menu satai sapi dan satai ayam. Jadi opsinya semakin banyak buat pembeli. Ternyata malah satai sapinya jadi yang populer,” ucap Rohayah sebagaimana dinukil dari Kompas, Sabtu (24/8/2024).

Nggak hanya pilihan satainya yang lengkap, opsi bumbu yang disiramkan ke satai juga ada dua. Jadi, kamu bisa memilih bumbu kecap dan bumbu kacang yang disiramkan ke satai yang pengin kamu santap. Hm, menarik juga, ya?

Warung Satai Sapi Pak Heru Purworejo yang masih sederhana. (Google Street View)

Satu hal yang unik dari satai yang disediakan di warung ini adalah potongan dagingnya yang cenderung besar. Alhasil, porsi satai yang disediakan terlihat jumbo. Kalau merasa nggak sanggup untuk menghabiskan seporsi satai secara normal, bisa lo hanya pesan porsi setengah.

Soal rasa, jangan ditanya. Ada alasan mengapa warung ini dianggap legendaris dan jadi jujugan wisata kuliner banyak orang dari dalam dan luar kota.

“Dulu saya datang ke sini karena diajak kolega. Jadi keterusan kalau nyari satai sapi pasti ke sini,” ungkap salah seorang pelanggan bernama Agung.

“Kalau saya suka rasa satai ayam, satai kambing, dan tongseng di sini. Worth to try,” tulis pengulas di Google Serafin Rosario yang datang ke warung tersebut sekitar Agustus 2023.

Meski porsinya super, harga satai sapi di sini nggak mahal kok, yaitu hanya Rp30 ribu per porsi. Kalau satai ayamnya, cuma dibanderol Rp15 ribu per porsi.

Satai Sapi Pak Heru Purworejo buka setiap hari dari pukul 07.00 WIB sampai 21.30 WIB. Artinya, kamu bisa datang ke sini untuk sarapan, makan siang, atau makan malam. Jadi, kapan nih kita wisata kuliner ke sana, Millens? (Arie Widodo/E05)

Tags:

ARTIKEL TERKAIT