BerandaHits
Minggu, 22 Mei 2021 12:08

Viral COD Bermasalah, Sebaiknya Kurir Pengiriman Barang Mulai Perhatikan Hal Ini

Kasus COD belakangan sering muncul di media sosial. Apa yang perlu dilakukan para kurir agar nggak lagi mengalaminya, ya? (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Sejumlah video kasus COD viral di media sosial. Hal ini menunjukkan banyak pelanggan belum mengerti apa itu sistem COD. Biar nggak lagi jadi korban, kurir pengiriman barang sebaiknya mulai memperhatikan hal ini.

Inibaru.id – Belakangan ini di media sosial viral sejumlah kasus COD atau Cash on Delivery yang bikin geger warganet. Sejumlah pembeli yang menggunakan layanan ini justru menolak untuk membayar barang yang sudah mereka pesan. Hal ini tentu bikin kurir pengiriman barang bingung, bukan?

Jadi gini, Millens, fasilitas COD memang mulai banyak diterapkan oleh online shop atau e-commerce di Indonesia. Fasilitas ini akan memudahkan pembeli untuk membayar barang begitu sampai di tangan mereka. Pembeli pun bisa memastikan apakah barang sesuai dengan pesanan atau nggak dan mengecek kondisinya terlebih dahulu.

Masalahnya, ternyata banyak pembeli yang nggak mengerti aturan main dari sistem ini. Hal inilah yang belakangan viral di media sosial. Para kurir yang hanya mengerjakan tugasnya mengirimkan barang justru jadi korban semprotan kemarahan para pembeli. Padahal, kesalahan bukanlah pada para kurir ini.

Nah, mengingat ada kemungkinan kasus-kasus lain juga terjadi di masa depan, sebaiknya para kurir mulai memperhatikan beberapa hal saat mengirimkan barang dengan sistem COD.

Harus Tahu Cara Menjawab atau Mendebat Pelanggan yang Marah Karena Sistem COD

Kalau yang ini tampaknya nggak hanya jadi tanggung jawab para kurir, ya, melainkan juga dari pihak e-commerce atau penyedia jasa ekspedisi. Para kurir bisa dilatih untuk menjawab pelanggan yang belum mengerti soal sistem COD. Jadi, andai kena semprot para pelanggan yang sebenarnya melakukan kesalahan sendiri, mereka tahu harus bagaimana menanggapinya.

Kasus COD yang marah-marah ke kurir bikin heboh warganet. (Instagram/Ndorobeii)

Kalau menilik sejumlah video-video yang viral di media sosial, kebanyakan kurir hanya bisa diam karena bingung harus menjawab apa saat pelanggan marah. Kalau tahu harus menjawab apa, bisa jadi pelanggan tahu kalau merekalah yang membuat kesalahan dan akhirnya mau menerima barang dan membayarnya.

Kamera Ponsel Berkualitas untuk Merekam Kejadian dengan Oknum Pemesan Barang Sistem COD

Perhatikan deh, video-video kasus COD kebanyakan nggak begitu jelas. Meskipun kita bisa melihat marah-marahnya para pelanggan, kita nggak benar-benar bisa melihat siapa yang marah-marah tersebut. Jadi, meski viral, kita nggak bisa dengan cepat menemukan siapa oknum yang melakukannya.

Kalau para kurir dibekali ponsel dengan kualitas kamera baik, tentu bakal lebih baik dalam merekam kejadian ini. Jadi, kalau ada oknum yang melakukan tindakan berlebihan bisa segera diviralkan dan ditemukan.

Selain itu, sebenarnya pihak e-commerce atau toko daring mulai memberikan edukasi seperti menempatkan informasi aturan COD besar-besar di aplikasi mereka. Jadi, setidaknya para pelanggan bisa membaca syarat dan ketentuannya. Hal ini tentu bisa membantu para kurir sehingga mereka pun nggak jadi korban marah-marah nggak berdasar, lagi.

Kalau kamu, ada ide lain buat para kurir demi menghadapi kasus COD yang ada-ada saja ini, nggak, Millens? (Hip/IB09/E05)

Tags:

ARTIKEL TERKAIT

Bakmi Palbapang Pak Uun Bantul, Hidden Gem Kuliner yang Bikin Kangen Suasana Jogja

2 Des 2025

Bahaya Nggak Sih Terus Menancapkan Kepala Charger di Soket Meski Sudah Nggak DIpakai?

2 Des 2025

Lebih Mudah Bikin Paspor; Imigrasi Semarang Resmikan 'Campus Immigration' di Undip

2 Des 2025

Sumbang Penyandang Kanker dan Beri Asa Warga Lapas dengan Tas Rajut Bekelas

2 Des 2025

Mengapa Kebun Sawit Nggak Akan Pernah Bisa Menggantikan Fungsi Hutan?

2 Des 2025

Longsor Berulang, Sumanto Desak Mitigasi Wilayah Rawan Dipercepat

2 Des 2025

Setujui APBD 2026, DPRD Jateng Tetap Pasang Target Besar Sebagai Lumbung Pangan Nasional

28 Nov 2025

Bukan Hanya Padi, Sumanto Ajak Petani Beralih ke Sayuran Cepat Panen

30 Nov 2025

Pelajaran Berharga dari Bencana Longsor dan Banjir di Sumatra; Persiapkan Tas Mitigasi!

3 Des 2025

Cara Naik Autograph Tower, Gedung Tertinggi di Indonesia

3 Des 2025

Refleksi Akhir Tahun Deep Intelligence Research: Negara Harus Adaptif di Era Kuantum!

3 Des 2025

Pelandaian Tanjakan Silayur Semarang; Solusi atau Masalah Baru?

3 Des 2025

Spunbond, Gelas Kertas, dan Kepalsuan Produk Ramah Lingkungan

3 Des 2025

Regenerasi Dalang Mendesak, Sumanto Ingatkan Wayang Kulit Terancam Sepi Penerus

3 Des 2025

Ajak Petani Jateng Berinovasi, Sumanto: Bertani Bukan Lagi Pekerjaan Sebelah Mata

23 Nov 2025

Sumanto: Peternakan Jadi Andalan, Tapi Permasalahannya Harus Diselesaikan

22 Nov 2025

Versi Live Action Film 'Look Back' Garapan Koreeda Hirokazu Dijadwalkan Rilis 2026

4 Des 2025

Kala Warganet Serukan Patungan Membeli Hutan Demi Mencegah Deforestasi

4 Des 2025

Mahal di Awal, tapi Industri di Jateng Harus Segera Beralih ke Energi Terbarukan

4 Des 2025

Tentang Keluarga Kita dan Bagaimana Kegiatan 'Main Sama Bapak' Tercipta

4 Des 2025

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

A Group Member of

Ikuti kamu di: