BerandaHits
Rabu, 27 Agu 2024 14:00

Tips Menghapus Cuitan Lama di X yang Malu-maluin

Ilustrasi: Menghapus cuitan lama di X. (X/Closetowhy)

Cuitan lama politisi dan seorang selebtwit viral di media sosial karena punya tendensi melecehkan atau terkait pornografi. Nggak pengin kamu mengalami hal serupa, kan? Yuk simak cara menghapus cuitan lama di X yang memalukan berikut ini.

Inibaru.id – Setiap orang, khususnya yang sudah dewasa, pasti punya masa lalu seperti memakai media sosial dengan kurang bijak. Di X atau yang dulu dikenal sebagai Twitter misalnya, banyak orang yang mengunggah cuitan yang malu-maluin, alay, bahkan bisa bikin penulisnya sendiri menyesal. Kalau sudah begitu, ada nggak ya tips menghapus cuitan lama di X?

Media sosial X memang kerap disebut sebagai media sosial paling bar-bar. Soalnya, di sanalah kita bisa mengungkapkan semua hal yang ada di pikiran yang baik ataupun buruk, sesuka hati. Kamu sendiri bisa mendesain cuitanmu agar bisa jadi konsumsi pribadi, konsumsi di lingkar mutual, atau jadi viral.

Masalahnya, terkadang ada cuitan yang sebenarnya hanya diperuntukkan untuk guyonan lingkar mutual, pada akhirnya jadi viral karena diketahui orang lain yang memang sengaja "menyelam" alias mencari-cari cuitanmu yang blunder di masa lalu. Kalau sudah begitu, kamu tentu bakal malu atau dihujat banyak orang, bukan?

Sayangnya, untuk mencari cuitan lama yang malu-maluin tentu butuh waktu. Apalagi jika kamu sendiri sudah lupa dengan apa saja yang kamu cuit bertahun-tahun yang lalu. Kalau sudah begitu, harus bagaimana, dong?

Membuka halaman profil di X

Halaman profil di X. (X/soobinfisipol)

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk menghapus cuitan lama adalah dengan membuka halaman profil X milikmu. Kamu bisa scroll ke bawah di kolom Post atau Replies dan menghapus berbagai cuitan yang sekiranya nggak pantas atau nggak lagi diperlukan.

Masalahnya, cara ini terkadang kurang efektif karena bakal membuatmu mengecek satu per satu cuitan dari yang terbaru sampai yang terlama. Apalagi jika kamu sudah puluhan tahun bermain X atau Twitter, bisa jadi bakal membutuhkan waktu untuk mengecek satu per satu cuitan dari ribuan yang pernah kamu unggah, bukan?

Memakai kolom Search

Gunakan fitur kaca pembesar di bagian kolom kiri dan ketiklah @ akunmu serta kata kunci yang pengin kamu cari. Sebagai contoh, akunmu adalah @genderuwomanyun lalu ketik kata kunci “galau” setelahnya. Setelah itu, klik enter.

Bakal keluar apa saja cuitan kamu selama ini yang ada kata “galau”-nya. Kalau ada yang terlihat memalukan. Kamu tinggal menghapusnya, deh.

Gimana, nggak sulit kan menghapus cuitan lama di X yang malu-maluin, Millens? Cobain deh sebelum ketahuan orang lain! (Arie Widodo/E10)

Tags:

ARTIKEL TERKAIT