BerandaHits
Senin, 23 Jul 2023 15:00

Tips Mengatasi Masalah Bau Kaki

Ilustrasi: Masalah bau kaki. (Kompas/Shutterstock)

Kamu nggak pede karena punya masalah bau kaki? Tenang aja, kamu bisa menerapkan cara-cara ini untuk menghilangkannya.

Inibaru.id – Salah satu masalah yang bikin orang nggak percaya diri (pede) adalah bau kaki. Bagaimana nggak, hal ini mampu membuat keluarga, teman, pacar, atau bahkan rekan kerja jadi nggak nyaman. Lantas, harus bagaimana untuk mengatasinya?

FYI, aja nih, bau kaki punya istilah medisnya sendiri, yaitu bromodosis. Penyebabnya adalah kaki berkeringat saat kamu beraktivitas dengan sepatu dan kaus kaki. Karena tertutup dalam waktu yang lama, maka kaki pun jadi lembap dan akhirnya membuat bakteri tumbuh dalam jumlah banyak. Nah, keberadaan ribuan atau bahkan jutaan bakteri pada kulit kaki itulah yang bikin kaki bau, Millens.

Kok bisa? Caranya begini, bakteri mendapatkan tempat berkembang biak yang ideal, yaitu kaki yang lembap. Mereka pun memakan keringat yang diproduksi kulit kaki dan kemudian memroduksi asam yang memiliki aroma nggak sedap. Pada area kaki juga bisa tumbuh jamur yang memiliki aroma nggak sedap.

Lantas, bagaimana ya cara agar mengatasi masalah bau kaki ini ya? Kalau menurut Kompas, Kamis (20/7/2023), berikut adalah caranya.

Menjaga kondisi kaki tetap kering

Kelembapan dan keringat jadi penyebab utama masalah bau kaki. (Liputan6)

Kalau kamu harus sering memakai sepatu dan kaus kaki untuk beraktivitas sehari-hari, tentu akan sulit untuk mengatasi masalah bau kaki. Tapi, bukan berarti nggak ada solusi sama sekali. Kamu bisa menjaga kondisi kaki tetap kering dengan memakai bedak sebelum memakai kaus kaki dan sepatu. Kalau nggak, kamu juga bisa memakai antiperspirant pada bagian tubuh tersebut.

Kalau bisa memakai alas kaki terbuka, bakal lebih baik

Jika kamu punya opsi memakai alas kaki terbuka seperti sandal saat bekerja, sebaiknya mulai mengenakannya agar kaki nggak mudah berkeringat dan terjaga dari kelembapan berlebih. Lama-lama, masalah bau kaki akan menghilang dengan sendirinya.

Merendam kaki di larutan garam

Kalau masalah bau kaki yang kamu alami sudah cukup ekstrem, coba deh rendam kaki kamu di dalam air yang sudah diberi tambahan garam. Airnya sebaiknya berada dalam kondisi hangat dan garam yang digunakan sekitar setengah cangkir. Kalau kamu sayang dengan garam karena dipakai memasak, bisa diganti dengan cuka sari apel.

Rendam dan bersihkan kaki dengan air tersebut setidaknya seminggu sekali dengan durasi 20 menit. Cara ini cukup ampuh mengembalikan keseimbangan kelembapan dan keasaman pada kakimu dan akhirnya bisa mengenyahkan masalah bau kakimu.

Nggak sulit bukan mengatasi masalah bau kaki. Selamat mencoba, ya, Millens? (Arie Widodo/E05)

Tags:

ARTIKEL TERKAIT