BerandaHits
Senin, 25 Feb 2024 15:30

Tips Mencegah Buku Menguning

Mencegah buku menguning. (Pexel/Cottonbro Studio)

Tampilan buku yang sudah menguning tentu nggak secantik buku yang masih baru. Memangnya, nggak ada cara yang bisa dilakukan untuk mencegahnya?

Inibaru.id – Kamu hobi beli buku atau komik? Kalau iya, pasti sebal ya dengan kenyataan bahwa buku-buku atau komik yang sudah kamu beli lama dan tersimpan rapi di lemari atau rak bukumu jadi menguning. Memang, bukunya nggak robek atau rusak. Tapi, tampilannya jelas jadi nggak sebaik saat kali pertama dibeli, bukan?

Memangnya, ada nggak sih tips mencegah buku menguning? Eits, sebelum jauh membahas tentang hal tersebut, ada baiknya kita ketahui dulu penyebab buku menguning. Hal ini ternyata terkait dengan bahan utama dari buku, yaitu kertas yang sebenarnya berasal dari kayu.

Jadi gini, layaknya produk kayu pada umumnya, kertas juga punya kandungan selulosa dan lignin yang rentan terkena oksidasi jika kerap terpapar udara dan sinar matahari. Efek dari paparan kedua hal tersebut adalah membuat warna kertas pada buku jadi lebih kuning.

Hal lain yang jadi penyebab buku menguning adalah lingkungan yang lembap sehingga membuat jamur tumbuh pada kertas. Khusus untuk hal ini, kita tinggal di Indonesia di mana tingkat kelembapan udaranya lebih tinggi dari negara-negara empat musim. Jika nggak cermat dalam menyimpan dan merawat buku, tentu saja buku bakal jadi lebih mudah menguning di sini.

Lantas, apakah nggak ada sama sekali cara untuk mencegah buku menguning? Kalau soal ini, Tankobonbon pada Kamis (22/2/2024) punya beberapa tipsnya. Penasaran? Yuk simak baik-baik!

Perhatikan di mana kamu menyimpan buku

Ada beberapa cara untuk mencegah buku menguning. (Freepik)

Mengingat kelembapan jadi salah satu penyebab utama buku jadi menguning, otomatis tempat kamu menyimpan buku harus dipastikan nggak terlalu lembap demi mencegah pertumbuhan jamur. Jauhkan dari jendela yang mudah terkena tempias air hujan atau rak penyimpanan bermodel tertutup yang membuat sirkulasi udara jadi nggak baik.

Lebih dari itu, ada baiknya kamu juga nggak menempatkan buku di posisi di mana buku bisa terpapar sinar matahari secara langsung. Soalnya, sinar matahari juga bisa bikin buku menguning, lo.

Jika sudah ada buku menguning, pisahkan dari yang masih baik

Kalau di rumahmu sudah ada buku yang menguning, pisahkan deh dengan buku yang warnanya masih baik. Soalnya, buku yang menguning bisa memroduksi gas yang akhirnya bikin kertas dari buku lainnya juga ikut mengalami hal yang sama.

Rutin mengurus rak buku

Dengan rutin mengurus dan merawat rak buku, kamu jadi tahu kalau ada buku yang sudah menguning dan bisa segera dipisahkan. Buku-buku juga jadi nggak mudah berdebu atau kotor sehingga membuatnya jadi lebih awet dan nggak mudah menguning.

Gimana, Millens, nggak sulit kan tips mencegah buku menguningnya? Selamat mencoba, deh. (Arie Widodo/E05)

Tags:

ARTIKEL TERKAIT