BerandaHits
Jumat, 1 Agu 2024 18:00

Tips Memilih 'Daycare' yang Aman untuk si Kecil

Tips memilih daycare agar anak aman dari kasus kekerasan. (Nova/Edwin Tan)

Kasus penganiayaan anak di 'daycare' Wensen School menyeret nama influencer parenting Meita Irianty. Nah, buat kamu orang tua yang pengin anak aman selama di 'daycare', perhatikan tips berikut ini.

Inibaru.id – Kabar mengejutkan datang dari Depok, Jawa Barat, seorang influencer parenting bernama Meita Irianty ditetapkan sebagai tersangka kasus penganiayaan anak di daycare Wensen School dan telah ditangkap pada Rabu (31/7/2024) malam. Meita diketahui adalah pemilik dari daycare tersebut.

Menurut keterangan Kapolres Metro Depok kombes Arya Perdana, penetapan status tersangka ini sudah sesuai dengan prosedur. Apalagi, aksi penganiayaan terhadap balita berusia 2 tahun berinisial M juga terekam di kamera CCTV daycare.

“Penangkapan dan penyidikan sudah dilakukan penetapan tersangka juga sudah kita lakukan oleh kasat reskrim. Selain itu yang bersangkutan juga mengakui jika pihak yang melakukan penganiayaan dan terekam dalam CCTV adalah dirinya,” terang Arya sebagaimana dinukil dari Tirto, Kamis (1/8).

Selain korban M yang mengalami lebam-lebam dan rasa sakit pada tubuhnya, polisi juga mengungkap ada laporan korban lain yaitu bayi berusia 7 bulan. Adanya beberapa korban dalam kasus ini membuat para orang tua merasa was-was.

Kalau kamu adalah salah satu orang tua yang juga menitipkan anak di sana, tentu khawatir karena nggak bisa mengawasi sang buah hati dalam waktu yang sangat lama selama dititipkan di sana. Nah, biar sampai kamu nggak mengalami nasib yang sama seperti yang terjadi pada kasus ini, pastikan untuk memilih daycare dengan benar dengan memperhatikan berbagai hal berikut ini.

a.        Cek reputasi

Kita perlu mengecek reputasi daycare sebelum memutuskan untuk memakai jasanya. (mommiesdaily)

Kita beruntung berada di zaman serba digital sehingga bisa melihat reputasi dari sebuah tempat hanya lewat mencari namanya di mesin pencari. Sebagai contoh, kita bahkan bisa melihat fasilitas dari sebuah daycare, jumlah anak yang berada di sana, dan lain-lain.

Terkadang, ada ulasan yang bisa kita jadikan acuan untuk memakai jasa sebuah daycare atau nggak. Jika ada ulasan yang buruk, perhatikan saja apa penyebab dari munculnya ulasan tersebut. Apabila pernah ada kasus kekerasan di sana, ada baiknya kamu nggak memakai jasa daycare tersebut, deh.

b.      Minta saran dari orang lain

Meski tergolong cara yang kuno, nyatanya meminta saran kepada orang lain justru bisa membawa kita ke tempat yang baik. Pasalnya, teman, saudara, atau kenalan yang kita mintai informasi sudah berpengalaman dengan tempat tersebut. Otomatis, mereka bisa memberikan ulasan jujur yang bisa kita jadikan acuan sebagai daycare yang aman untuk anak kita atau nggak.

c.       Cek lokasi

Jika daycare yang kamu pilih sama-sama dekat dari rumah ataupun tempat kerja, tentu bagus. Tapi, jika hanya bisa memilih salah satu, pilih yang sekiranya paling pas buatmu agar kamu bisa segera menjemput anak jika sewaktu-waktu dibutuhkan atau berada dalam kondisi darurat.

d.      Perhatikan kurikulum, kebijakan, dan visi misi

Setiap orang tentu pengin anaknya mendapatkan perhatian dan diberi pengarahan yang tepat di daycare agar bisa tumbuh dan berkembang dengan baik. Biar penanganan anak ini sesuai dengan yang diharapkan orang tua, kamu perlu mengetahui visi misi, kebijakan, hingga kurikulum yang diterapkan oleh daycare tersebut. Kalau memang cocok, lanjut saja deh.

Yap, memilih daycare yang tepat memang gampang-gampang susah. Tapi, setidaknya kita perlu melakukan usaha lebih agar anak merasa senang sekaligus aman saat berada di daycare. Kita sebagai orang tua pun akan merasa tenang melakukan aktivitas selama mereka berada di sana. Setuju, Millens? (Arie Widodo/E05)

Tags:

ARTIKEL TERKAIT