BerandaHits
Senin, 2 Jun 2024 15:00

Tips Bikin Sepeda Motor Matic Irit BBM

Tips bikin sepeda motor matic irit BBM. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Pengin sepeda motor matic irit BBM? Terapkan berbagai hal ini saat berkendara, Millens. Apa saja, ya?

Inibaru.id – Sadar nggak, jumlah sepeda motor matic di Indonesia sudah melebihi jumlah sepeda motor bebek? Alasannya, sepeda motor matic irit BBM sekaligus praktis untuk digunakan.

Kalau menurut data penjualan yang dihimpun Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) pada Juli 2023 lalu, misalnya, dari total seluruh angka penjualan sepeda motor di Indonesia, 89.53 persen di antaranya adalah sepeda motor matic. Angka ini sangat kontras jika dibandingkan dengan penjualan sepeda motor bebek yang hanya 5,26 persen, Millens.

Meski secara umum hemat BBM, nyatanya sepeda motor matic bisa jadi boros jika dipakai dengan nggak tepat atau tidak dirawat dengan baik. Kalau sudah begitu, bisa bikin boros pengeluaran bahan bakar bulanan, ya?

Nah, biar kamu nggak sampai mengalaminya, terapkan tips bikin sepeda motor matic irit BBM berikut ini.

Perhatikan kecepatan berkendara

Hal pertama yang perlu kamu perhatikan adalah kecepatan berkendaramu saat memakai sepeda motor matic. Kalau kamu sering memakainya dengan kecepatan di bawah 20 kilometer per jam, justru bakal bikin konsumsi BBM lebih boros. Pasalnya, sepeda motormu justru membutuhkan momentum torsi lebih besar untuk melaju.

Oleh karena itulah, pastikan kamu nggak sering-sering terjebak macet ya agar sepeda motor maticmu jadi lebih irit, Millens.

Nggak perlu menggeber gas

Tarikan gas memengaruhi konsumsi BBM sepeda motor matic. (Radarsurabaya/Yamaha)

Ada yang hobi menggeber gas sepeda motor untuk gaya-gayaan atau sekadar karena sudah jadi kebiasaan. Memang, suara sepeda motor jadi lebih terdengar sangar. Tapi, hal ini bisa bikin konsumsi bahan bakarnya jadi lebih boros.

Nggak perlu langsung tarik gas secepat mungkin

Saat kali pertama melaju dari rumah atau saat lampu lalu lintas menyala hijau, ada baiknya nggak langsung tarik gas secepat mungkin. Tarik gas dengan tenang secara perlahan agar konsumsi BBM-nya nggak terlalu boros.

Jaga jarak dengan kendaraan lain

Siapa sangka, kebiasaan berkendara tanpa memperhatikan jarak dengan kendaraan lain bisa bikin konsumsi BBM jadi lebih boros. Maklum, kamu jadi lebih sering menekan rem depan ataupun belakang secara mendadak. Tarikan gas juga jadi nggak stabil setelahnya. Dampaknya bisa berimbas ke konsumsi BBM, lo.

Gimana, nggak sulit kan sebenarnya kalau pengin sepeda motor matic irit BBM? Terapkan saat kamu berkendara ya, Millens? (Arie Widodo/E05)

Tags:

ARTIKEL TERKAIT