inibaru indonesia logo
Beranda
Hits
Tanda Oli Gardan Sepeda Motor Harus Diganti
Minggu, 10 Mar 2024 09:40
Penulis:
Bagikan:
Tanda oli gardan sepeda motor harus diganti. (Yamaha)

Tanda oli gardan sepeda motor harus diganti. (Yamaha)

Pemilik sepeda motor matic harus tahu kalau yang rutin diganti adalah oli mesin dan oli gardan. Keduanya sama-sama penting agar mobil bisa dikendarai dengan nyaman dan nggak mudah rusak.

Inibaru.id – Kamu punya sepeda motor? Kalau iya, tentu harus rajin-rajin melakukan servis berkala dan juga ganti oli. Tapi, kalau kamu punya sepeda motor matic, harus ingat kalau yang perlu diganti olinya bukan hanya oli mesin, melainkan juga oli gardan.

Apaan tuh oli gardan? Jadi begini pelumas yang satu ini penting untuk memastikan bagian transmisi otomatis, sesuatu yang bikin motor matic nggak perlu memindahkan gigi, tetap berjalan dengan lancar. Kalau sampai oli gardan pada sepeda motormu habis atau sudah sangat lama, bisa jadi komponen-komponen bagian transisi tersebut jadi bergesekan saat sepeda motormu berjalan dan akhirnya rusak, deh.

Memangnya, seberapa sering sih oli gardan sebaiknya perlu diganti? Kalau menurut pakar oli dari PT Pertamina Lubicrants Brahma Putra Mahayana, idealnya oli gardan diganti setiap 12 ribu kilometer atau kurang lebih sekali setiap 12 bulan. Tapi, jika sepeda motornya cenderung aktif seperti yang dipakai pengemudi ojek online, frekuensi penggantian olinya harus lebih sering, Millens.

“Bisa pakai perbandingan 2:1 dengan penggantian oli mesin. Jadi kalau oli mesin ganti dua kali, oli gardannya ganti sekali,” saran Brahma sebagaimana dilansir dari Detik, Sabtu (9/3/2024).

Selain dengan patokan tersebut, Berkut adalah tanda oli gardan sepeda motor harus diganti. Simak baik-baik ya agar nggak sampai terlewat.

1.       Suara sepeda motor sangat berisik

Penggantian oli gardan sepeda motor. (Detik)
Penggantian oli gardan sepeda motor. (Detik)

Tanda sepeda motor sudah membutuhkan penggantian oli gardan adalah suaranya yang berisik dan bising, khususnya yang berasal dari Box CVT yang lokasinya ada di roda belakang. Alasan dari berisiknya suara ini adalah fungsi dari oli gardan sudah nggak baik.

Karena terlalu encer karena usianya yang terlalu lama, kemampuannya dalam melicinkan komponen penggerak transmisi otomatis jadi nggak berfungsi dengan lancar. Komponen-komponen itu kemudian saling bergesekan dan bikin suara berisik, deh.

2.       Getaran sepeda motor sangat terasa

Nggak cuma batok sepeda motor Supra legendaris yang bisa bergetar kencang, sepeda motor yang nggak pernah ganti oli gardan juga. Biasanya sih getarannya bakal terasa pada bagian bodi dan stang. Jika jalan menurun, getarannya bahkan semakin terasa.

3.       Muncul bau tidak sedap

Hal lain yang perlu kamu cermati adalah munculnya aroma nggak sedap seperti bau gosong pada bagian Box CVT. Hal ini menandakan kalau pada bagian tersebut sudah banyak kotoran yang mengendap dan akhirnya menyebabkan panas berlebihan di sana.

Oli gardan pun harus segera diganti demi membersihkan kotoran tersebut sekaligus menurunkan suhu yang disebabkan oleh gesekan komponen penggerak transmisi otomatis.

Hm, ternyata penting banget ya fungsi oli gardan. Yuk segera ganti jika memang oli gardan sepeda motor sudah lama nggak diganti, Millens. (Arie Widodo/E05)

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved