BerandaHits
Selasa, 11 Des 2023 18:57

TikTok Beli 75 Persen Saham Tokopedia, Apa Dampaknya Bagi UMKM?

Kerja sama TikTok dan Tokopedia, bisa berdampak positif bagi UMKM? (Sukabumiupdate)

Kejutan besar, TikTok membeli 75 persen saham Tokopedia. Mungkinkah hal ini bisa membuat dunia UMKM dan ekspedisi di Indonesia menjadi kembali bergairah?

Inibaru.id – Kejutan besar muncul di dunia bisnis Tanah Air. PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) memastikan bahwa TikTok sudah membeli 75,01 persen saham Tokopedia. Mengingat Tokopedia dikenal sebagai salah satu e-commerce terbesar di Indonesia, apakah hal ini bisa memberikan dampak bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia?

Dana yang disuntikkan TikTok ke Tokopedia cukup fantastis, lo, Millens, yaitu sekitar 1,5 miliar Dollar AS atau sekitar Rp22,5 triliun. Menariknya, nggak ada dilusi lebih lanjut alias perubahan kepemimpinan GoTo di Tokopedia.

“TikTok akan memiliki pengendalian atas PT Tokopedia. Tapi, fitur layanan belanja dalam aplikasi TikTok di Indonesia akan dioperasikan dan dikelola oleh PT Tokopedia. Situs web dan aplikasi Tokopedia akan beroperasi seperti biasa” ungkap keterangan resmi GoTo, Senin (11/12/2023).

Kalau menurut sejumlah pakar ekonomi, hal ini bisa membuat persaingan antar-e-commerce di Indonesia jadi semakin ketat. Apalagi, sejauh ini ada kurang lebih 106 juta pengguna TikTok di Tanah Air. Bisa dikatakan, TikTok dan Tokopedia sudah punya modal besar untuk bersaing.

“Tapi sepertinya nanti persaingannyaakan mengerucut ke Shopee dan Tokopedia. Siapa yang punya ekosistem paling komplet dan dianggap paling nyaman bagi pengguna, dialah yang akan memenangkan persaingan,” jelas Direktur Ekonomi Digital dan Ekonom CELIOS Nailul Huda sebagaimana dilansir dari Katadata, Senin (11/12).

Kerja sama TikTok dan Tokopedia dianggap bisa memberikan banyak keuntungan. (Piloka)

FYI aja nih, selama ini, Tokopedia punya kelemahan jika dibandingkan dengan TikTok Shop ataupun Shopee, yaitu live streaming atau live shopping. Nah, dengan adanya kemitraan dengan TikTok, bisa jadi Tokopedia bakal memperbaiki kelemahan ini.

Selain bisa memberikan symbiosis mutualisme baik itu untuk TikTok ataupun Tokopedia, kerja sama ini diyakini juga bakal memberikan dampak positif bagi UMKM di Indonesia. Dengan catatan, TikTok dan Tokopedia mau memberikan kesempatan bagi produk-produk lokal bersaing di pasar global.

“Asalkan yang dijual produk lokal. Tokopedia ini bisa jadi benteng serbuan produk impor yang semakin merajalela dengan cara memberikan kompetisi yang adil. Kalau bisa, industri kecil dalam negeri bisa semakin bergairah,” ujar Sekretaris Jenderal Asosiasi UMKM Indonesia (Akumindo) Edy Misero, Senin (11/12).

Nggak hanya UMKM lokal, kerja sama ini juga diharapkan bisa kembali meningkatkan produktivitas perusahaan ekspedisi yang sempat menurun saat TikTok Shop dilarang beropeasi di Tanah Air beberapa bulan lalu.

Hm, menarik juga ya, Millens kerja sama antara TikTok dan Tokopedia ini. Kalau menurutmu, bakal memberikan dampak positif bagi dunia UMKM dan eskpedisi di Indonesia nggak, nih? (Arie Widodo/E05)

Tags:

ARTIKEL TERKAIT