BerandaHits
Senin, 14 Apr 2024 10:46

Ternyata Memang Benar, Lapar Bikin Mudah Marah

Marah saat lapar, ternyata sesuai dengan fakta kesehatan. (hellosehat)

Nggak hanya sekedar slogan, ternyata penelitian membuktikan kalau lapar memang bikin mudah marah. Kok bisa, ya?

Inibaru.id – Ada sebuah hal yang dipercaya banyak orang, yaitu jika rasa lapar bikin mudah marah siapa saja. Sebenarnya, hal ini memang sesuai dengan fakta kesehatan nggak, sih?

Dalam Bahasa Inggris, ada istilah untuk menggambarkan kemarahan yang terkait dengan rasa lapar, yaitu hangry. Kata ini adalah kombinasi dari dua kata Bahasa Inggris, yaitu hungry yang berarti lapar dan juga angry yang berarti marah. Artinya, fenomena ini dirasakan oleh berbagai orang di seluruh dunia.

Jika ditilik dari sisi kesehatan, ternyata memang benar, lapar bikin mudah marah, lo. Hal ini diungkap pakar kesehatan dari Anglia Ruskin University, Cambridge, Inggris. Kalau menurut salah seorang pakar dari institusi tersebut Viern Swami, memang benar jika saat lapar, manusia cenderung nggak mudah merasa senang, lebih mudah tersinggung, dan juga lebih mudah marah.

“Banyak orang yang masih nggak menyadari bahwa rasa lapar berpengaruh besar pada emosi. Sayangnya, hingga sekarang masih cukup sedikit penelitian ilmiah yang menunjukkan keterkaitan antara rasa lapar dan kemarahan,” ujar Viren sebagaimana dilansir dari New Scientist, (7/7/2022).

Nah, Viren dan rekan-rekannya kemudian terpikir untuk menjalankan penelitian terkait hal ini dengan melibatkan 64 orang dari sejumlah negara, termasuk dari Jerman dan Austria. Para responden tersebut diminta untuk mengisi survei yang disebarkan dengan aplikasi telepon pintar. Isi dari pertanyaan-pertanyaan survey menunjukkan tentang tingkat emosi dan juga seberapa lapar mereka lima kali sehari dalam periode tiga pekan.

Rasa lapar terkait dengan munculnya sejumlah hormon yang terkait dengan emosi negatif. (Detik)

Hasil dari survey tersebut menunjukkan bahwa rasa lapar ternyata terkait dengan 56 persen dengan ketersinggungan. Saat lapar, seseorang juga sulit untuk merasa senang.

“Ada kemungkinan saat lapar, para responden cenderung lebih banyak mengalami emosi negatif,” ungkap Viren.

Kok bisa begitu? Menurut temuan para peneliti, besar kemungkinan saat lapar kadar gula darah di dalam tubuh berada pada level yang sangat rendah. Dampaknya, terjadi pelepasan hormon adrenalin yang cenderung membuat kita jadi lebih mudah marah sekaligus hormon kortisol yang bisa bikin kita jadi mudah stres dan gelisah.

Pantas saja ya, kita cenderung mudah marah saat lapar. Meski begitu, bukan berarti kita mewajarkan hal ini saat sedang lapar ya. Akan jauh lebih bijak jika kita tetap mampu menahan diri meski perut sudah keroncongan agar tidak memicu konflik dengan siapa saja. Setuju, Millens? (Arie Widodo/E05)

Tags:

ARTIKEL TERKAIT