BerandaHits
Rabu, 16 Apr 2024 14:16

Ponsel Overheat atau Terlalu Panas, Harus Gimana?

Mengatasi ponsel panas. (Dropbox)

Ponsel overheat diyakini bikin baterai cepat habis atau nge-hang. Nah, untuk mengatasinya, beberapa hal ini mungkin bisa kamu lakukan!

Inibaru.id – Salah satu masalah pada ponsel yang kadang bikin bingung banyak orang adalah overheat. Pada kondisi ini, gawai yang terlampau panas nggak jarang membuatnya nge-hang, selain dayanya yang juga cepat terkuras habis. Lantas, gimana cara mendinginkannya agar fungsi ponsel kembali normal?

Untuk menjawab pertanyaan ini, ada baiknya kamu ketahui dulu penyebab ponsel mengalami overheat. Yang pertama, kemungkinan karena ada sejumlah aplikasi yang dijalankan bersamaan. Namun, bisa juga ponsel terlalu panas karena terpapar sinar matahari langsung selama kurun waktu tertentu.

Dengan mengetahui dua permasalahan utama yang bikin ponsel cepat panas ini, kamu tentu tahu apa saja yang harus dilakukan agar situasi tersebut nggak pernah muncul. Bijak memakai aplikasi dan lebih berhati-hati meletakkan ponsel adalah koentji-nya!

Namun, gimana kalau sudah terlanjur overheat? Tindakan apa saja yang harus segera dilakukan agar suhu ponsel kembali normal?

Cara untuk 'Mendinginkan' Gawai

1. Matikan fitur dan aplikasi yang sedang berjalan

Jika ponsel terasa panas, segeralah cek fitur atau aplikasi apa saja yang tengah dijalankan di ponselmu, misalnya aplikasi pemutar video atau musik yang biasa dijalankan di latar belakang. Kalau memang ada, matikanlah terlebih dulu.

Hal serupa juga berlaku untuk fitur bawaan ponsel seperti Bluetooth. Dalam posisi menyala, Bluetooth yang nggak terkoneksi dengan perangkat apa pun akan terus berada dalam mode "mencari". Jika terjadi terus-menerus, suhu pada gawai dipastikan akan menjadi lebih panas.

Oya, kalau malas menelusuri aplikasi atau fitur yang masih berjalan, kamu bisa memencet Mode Pesawat (Airplane Mode) agar koneksi ponsel terputus. Dengan begini, ponselmu bisa beristirahat dan perlahan suhunya kembali normal.

2. Lepas case ponsel

Case ponsel bisa bikin ponsel panas. (Pexels/Alex Ugolkov)

Yap, meski terlihat sepele, melepas case ponsel ternyata bisa membantu ponsel overheat jadi lebih dingin, lo; khususnya untuk case yang bikin ventilasi gawai tertutup. Selain itu, selama proses pendinginan, jauhkan ponsel dari tumpukan buku atau perangkat elektronik lain ya!

3. Gunakan kipas angin

Jangan salah, kipas angin yang biasa kamu pakai untuk membuat suhu ruangan menjadi lebih sejuk ini juga bisa dipakai untuk mendinginkan ponsel yang overheat kok. Caranya, kamu tinggal dekatkan ponsel ke kipas angin yang telah dinyalakan.

Eits, tapi jangan pernah berpikir untuk menaruh ponsel di dalam kulkas, lo! Sebab, alih-alih berfungsi normal, paparan suhu yang terlalu kontras justru akan bikin ponsel rusak. (Arie Widodo/E10)

Tags:

ARTIKEL TERKAIT