BerandaHits
Minggu, 19 Okt 2024 18:54

Polda Jateng Kawal Ketat Pemindahan Surat Suara ke 9 KPUD kabupaten Kota

Tim logistik tengah mengunci dan memberi label truk yang mengangkut surat suara pemilu ke 9 KPUD Kabupaten Kota. (IPolda Jateng)

Personel Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Tengah (Jateng) mengawal distrubusi surat suara Pilkada 2024. Pengawalan mulai dari percetakan di Jawa Barat hingga ke 9 KPUD kabupaten kota.

Inibaru.id - Personel Satuan Brimob Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Tengah (Jateng) mengawal pemindahan surat suara pemilu yang sudah dikepak. Logistik itu digeser dari percetakan di PT Gramedia Printing Unit Bandung, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat ke 9 KPUD kabupaten kota di Jateng.

"Surat suara untuk pemilu sudah selesai dilipat dan di-packing. Petugas mengawal pemindahan surat suara itu ke KPUD Salatiga, Boyolali, Klaten, dan Wonogiri. Gelombang dua KPUD Sragen, Karanganyar, Surakarta, dan Sukoharjo. Gelombang tiga KPUD Demak Dan Grobogan," kata Kabid Humas Polda Jateng Kombes Pol Artanto, Sabtu (19/10).

Artanto mengatakan pengawalan ketat dilakukan personel Brimob Polda Jateng yang tergabung dalam Tim Pamwal Subsatgas Pam Obvit Ops Mantap Praja Candi 2024. Selain mengawal, petugas juga memastikan surat suara itu disimpan dengan aman.

"Surat suara itu sudah selesai dipindahkan. Petugas tetap melakukan pengamanan agar surat suara itu bisa digunakan saat pemilu nanti," ungkapnya.

Tim logistik tengah melakukan distribusi logistik surat suara Pilkada dengan dikawal Petugas Brimob Polda Jateng dilengkapi senjata laras panjang. (Polda Jateng)

Pengiriman logistik dilakukan sejak Kamis (17/10) dan dilakukan pengawalan dalam dua gelombang. Gelombang pertama dimulai pada pukul 10.00 WIB berupa pengiriman logistik surat suara ke KPUD Salatiga, Boyolali, Klaten, dan Wonogiri. Gelombang kedua pada pukul 12.00 WIB mendistribusikan surat suara ke KPUD Sragen, Karanganyar, Surakarta, dan Sukoharjo.

“Gelombang ketiga hari Jumat (18/10) juga telah dilakukan pengiriman logistik dengan tujuan KPUD Demak dan Grobogan yang diberangkatkan pada pukul 10.00 WIB,” ujarnya.

Jumlah surat suara yang didistribusikan berbeda-beda di setiap daerah. Untuk KPUD Demak, surat suara yang dikirimkan sebanyak 156 boks dengan total 930.698 lembar, sementara KPUD Grobogan menerima 194 boks dengan total 1.160.647 lembar.

"Logistik Pemilu diangkut menggunakan 3 armada truk logistik. Masing-masing armada diberangkatkan di setiap gelombang yang dikawal oleh 1 armada mobil pengawal dari Sat Brimob Polda Jateng dan 1 mobil dinas KPU Propinsi Jawa Tengah serta personel pengamanan di bekali senpi laras panjang,” tandasnya. (Danny Adriadhi Utama/E10)

Tags:

ARTIKEL TERKAIT