BerandaHits
Jumat, 10 Okt 2024 10:11

Pakai Satu Nomor WhatsApp di Dua Ponsel? Bisa!

Kamu bisa memakai satu nomor WhatsApp di dua ponsel sekaligus. (Mashable)

Fitur Companion Mode di WhatsApp memungkinkanmu memakai satu nomor WhatsApp di dua ponsel sekaligus. Begini cara memakainya.

Inibaru.id – Karena kebutuhan, terkadang kita memakai dua ponsel atau lebih. Sebagai contoh, satu ponsel untuk komunikasi dengan teman dan keluarga, sementara ponsel lainnya dipakai untuk urusan pekerjaan. Masalahnya, kalau punya dua ponsel, apakah kita juga perlu memakai dua nomor WhatsApp? Sebenarnya, mungkin nggak sih memakai satu nomor WhatsApp di dua ponsel sekaligus?

Beda dengan zaman dahulu di mana satu nomor WhatsApp hanya bisa dipakai satu ponsel saja, kini WhatsApp memungkinkan penggunanya memakai di dua ponsel yang berbeda secara sekaligus. Fitur menarik ini bernama Companion Mode.

Fitur ini sebenarnya mirip dengan fitur WhatsApp Web yang memungkinkamu membuka WhatsApp di komputer. Bedanya, kalau WhatsApp Web membuat satu nomor WhatsApp bisa dibuka di ponsel, fitur ini membuat nomor tersebut bisa dibuka di ponsel sekunder.

Nah, kalau kamu juga pengin menggunakan fitur ini, simak deh cara agar bisa memakai satu nomor WhatsApp di dua ponsel berikut ini.

WhatsApp menyediakan fitur Companion Mode. (Mobitekno)
  1. Pastikan kedua ponsel sudah tersambung dengan internet yang stabil;
  2. Pastikan aplikasi WhatsApp di ponsel sekunder sudah diunduh dan disiapkan. Pastikan WhatsApp ini belum pernah didaftarkan akun sama sekali sebelumnya;
  3. Kamu tinggal membuka aplikasi WhatsApp di ponsel sekunder. Cari opsi “Tautkan Perangkat Ini”;
  4. Tunggu sampai aplikasi WhatsApp di ponsel sekunder mengeluarkan kode QR penautan akun;
  5. Buka aplikasi WhatsApp di ponsel utamamu yang sudah aktif nomornya;
  6. Cari “Pengaturan”, lalu pilih “Perangkat Tertaut”;
  7. Pilih “Tautkan Perangkat” lalu kamera pemindaian bakal aktif;
  8. Arahkan layar kamera pemindaian ke kode QR yang ada di layar ponsel sekunder;
  9. Nomor WhatsApp di ponsel utama pun sudah tertaut di WhatsApp ponsel sekunder, kamu pun bisa memakai satu nomor WhatsApp di dua ponsel sekaligus;

Selain membuat satu nomor WhatsApp bisa dipakai di dua ponsel, fitur Companion Mode ini juga memungkinkamu menghapus penautan tersebut. Sebagai contoh, jika kamu nggak lagi menggunakan ponsel sekunder, kamu bisa mengeluarkan nomor WhatsApp agar nggak bisa lagi dibuka di ponsel tersebut. Berikut adalah caranya.

  • Cari “Pengaturan” di aplikasi WhatsApp yang ada di ponsel sekunder;
  • Cari “Perangkat Tertaut”. Hapus ponsel sekundermu di daftar yang ada di sana;
  • Nomor WhatsApp kemudian hanya bisa dipakai di satu ponsel saja seperti sedia kala.

Gimana, mengaktifan fitur Companion Mode di WhatsApp nggak ribet, kan? Selamat mencoba menggunakannya, Millens! (Arie Widodo/E10)

Tags:

ARTIKEL TERKAIT