BerandaHits
Senin, 14 Apr 2024 22:00

Nama Tasikmalaya Terkait dengan Melayu?

Menguak sejarah nama Tasikmalaya. (Wikipedia/A2613)

Ada embel-embel 'malaya' pada nama Kabupaten Tasikmalaya. Apa ini terkait dengan Tanah Melayu atau Malaysia?

Inibaru.id – Nama Tasikmalaya, salah satu kabupaten dan kota yang ada di Jawa Barat, sering disebut dalam berita arus mudik dan arus balik Lebaran. Maklum, wilayah ini berada di salah satu jalur yang paling banyak dilewati masyarakat Indonesia.

Nah, kali ini kita mau membahas tentang nama Tasikmalaya yang terkesan terkait dengan Melayu atau Malaysia. Penyebabnya, tentu saja karena ada embel-embel “Malaya” di belakangnya. Apalagi, kita semua mengenal istilah Semenanjung Malaya yang merujuk pada wilayah yang meliputi Malaysia Barat, Thailand bagian selatan, dan ujung paling tenggara Myanmar alias Kawthaung.

Lebih dari itu, pernah ada Federasi Malaya yang berdiri pada 1948 sampai 1963 alias sebelum Malaysia merdeka. Hingga sekarang, ada juga University Malaya yang eksis di Kuala Lumpur, Malaysia semenjak 8 Oktober 1949.

Hal ini pulalah yang ditanyakan oleh pengguna Quora bernama Pebrian Sitorus. Dia curiga jika nama Tasikmalaya terdiri atas dua kata, yaitu “tasik” dan juga “malaya”. Apakah kecurigaannya memang sesuai dengan fakta sejarah dari kabupaten yang konon sudah eksis sejak 1632 itu.

Meski begitu, kalau menurut Kompas, (13/3/2021), nama Tasikmalaya sudah bisa ditemui dalam arsip-arsip resmi pemerintahan Hindia Belanda pada 1820. Kala itu, yang tercatat namanya adalah Distrik Tasjikmalaija op Tjitjariang. Nah, menurut ahli sejarah, diperkirakan nama ini sudah dipakai sejak 1816, Millens.

Nama Tasikmalaya diperkirakan terkait dengan letusan Gunung Galunggung. (Wikipedia/Glasreifen)

Meski begitu, jika dirunut lebih jauh, ada kemungkinan Tasikmalaya sudah ada sebagai bagian Kerajaan Galunggung yang berdiri pada 13 Bhadrapa 1033 Saka. Hal inilah yang diungkap dalam buku Asal-usul Kota-kota di Indonesia Tempo Doeloe karya Zaenuddin HM.

Dalam buku tersebut ada kemungkinan nama Tasikmalaya berasal dari kata tasik yang berarti telaga, laut, atau danau dan malaya yang ternyata bermakna jajaran pegunungan. Jika dirunut, sebelum Gunung Galunggung meletus, ada lebih dari 3 ribu bukit-bukit kecil di Tasikmalaya yang dianggap sesuai dengan nama malaya. Jajaran gunung-gunung ini jika dilihat dari kejauhan memang terkesan seperti ombak lautan.

Versi lain penamaan Tasikmalaya berasal dari kata keusik yang bermakna pasir serta kata nglayah yang maknanya adalah beterbaran. Istilah “pasir beterbaran” ini diduga terkait dengan letusan Gunung Galunggung pada 1822.

Hm, terkuak juga akhirnya makna dari nama Tasikmalaya. Ternyata nggak ada kaitannya dengan wilayah yang kini dikenal sebagai Malaysia, Millens. (Arie Widodo/E05)

Tags:

ARTIKEL TERKAIT