BerandaHits
Kamis, 28 Agu 2024 17:37

Mundur Mendadak dari Pilkada Solo, Ada Apa dengan Gusti Bhre?

Gusti Bhre mundur dari Pilkada Solo 2024. (Medcom/Triawati)

Plot Twist Pilkada 2024 terus muncul. Di Jawa Tengah, Mangkunegara X Alias Gusti Bhre mundur dari Pilkada Solo. Padahal, dia adalah tokoh yang cukup populer di sana. Apa alasan dari pengunduran diri ini, ya?

Inibaru.id – Plost twist Pilkada 2024 yang sudah bikin kehebohan dalam beberapa pekan belakangan bertambah dengan kabar bahwa Mangkunegara X alias Gusti Bhre Mundur dari Pilkada Solo. Padahal, dia sudah mendapatkan rekomendasi dari partai-partai Koalisi Indonesia (KIM) Plus untuk maju bersama calon Wakil Wali Kota Astrid Widayani.

Kabar mundurnya Gusti Bhre diungkap oleh Sekretaris DPD II Partai Golkar Solo Taufiqurrahman. Yang bersangkutan sudah menyatakan mundur pada Selasa (27/8/2024) pagi.

“Iya pas partai-partai pada kumpul pada Selasa, Gusti Bhre menyampaikan pengunduran dirinya. Padahal Senin malam kami masih optimis beliau akan maju,” ucap Taufiqurrahman sebagaimana dinukil dari Detik, Rabu (28/8).

Terkait dengan alasan mengapa Gusti Bhre mundur dari kontestasi politik di Solo, Taufiq nggak bisa memberikan jawaban yang pasti. Dia hanya mampu menduga ada alasan pribadi atau keluarga di Pura Mangkunegaran yang jadi pertimbangan Gusti Bhre untuk memilih mundur.

“Kemungkinan itu. Kalau dugaan saya mungkin alasan pribadi atau menyangkut keluarga. Kan beliau seorang pengageng (anggota keluarga kerajaan) jadi perlu pertimbangan yang sangat matang untuk melakukan langkah apapun,” lanjut Taufiqurrahman.

Calon Wakil Wali Kota Solo yang diusung KIM Plus Astrid Widayani akhirnya maju bersama dengan Respati Ardi. (Astridwidayani.com)

Meski Gusti Bhre mundur, bukan berarti Astrid Widayani juga ikut mundur. Begitu koalisi yang terdiri atas Partai Gerindra, PKS, Golkar, PKB, PAN, dan PSI mendengar kabar pengunduran dirinya, mereka langsung mengusung pasangan Respati Ardi – Astrid Widayani untuk Pilkada Solo 2024 nanti.

“Nggak perlu lama-lama mencari figur penggantinya. Koalisi enam parpol tetap solid dan kami menerima perubahan rekomendasi untuk Respati – Astrid,” ungkapnya.

Buat kamu yang nggak tahu, Respati Ardi adalah Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Kota Solo periode 2023-2026. Sementara itu, Astrid Widayanti adalah rektor Universitas Surakarta (Unsa).

Layaknya Gusti Bhre yang dikenal dari kalangan muda, keduanya juga. Respati Ardi dikenal baru lulus dari SMAN 1 Surakarta pada 2006 dan lulus jurusan hukum Universitas Sebelas Maret (UNS) pada 2011. Di sisi lain, Astrid Widayanti yang pernah jadi Putri Citra Jawa Tengah 2006 lulus S1 dari Universitas Diponegoro pada 2008 dan S2 Jurusan Manajemen Stratejik UGM pada 2010.

Cukup mengejutkan ya kabar mundurnya Gusti Bhre dari Pilkada Solo 2024 ini. Mengingat masih ada waktu pendaftaran bagi calon pemimpin daerah pada Pilkada 2024 ini, kita nantikan apakah bakal muncul plot twist menghebohkan lagi atau nggak. (Arie Widodo/E05)

Tags:

ARTIKEL TERKAIT