BerandaHits
Senin, 14 Jan 2024 17:34

Mengapa Perempuan Sering Lelah Saat Menstruasi?

Mudah lelah saat menstruasi. (Nakita/Freepik)

Ternyata, kalau ada perempuan yang mengaku sering lelah saat menstruasi, mereka nggak bohong, Millens. Berikut adalah penyebab mereka mudah lelah pada saat datang bulan.

Inibaru.id – Beda dengan laki-laki yang bisa bugar sepanjang waktu asalkan bisa menjaga kondisinya tetap fit, kaum hawa memiliki rintangan yang bisa datang setiap bulan, yaitu saat mereka berada dalam fase menstruasi. Pada fase itulah, secara fisik dan mental mereka bisa mengalami kelelahan sehingga sulit melakukan aktivitas seperti biasanya.

Asal kamu tahu saja, cukup banyak kaum Hawa yang bahkan sampai terpaksa lebih banyak meringkuk atau beristirahat saat datang bulan. Alasannya, badan terasa nggak keruan, perut terasa sakit, hingga rasa lelah yang terus mendera.

Kalau kamu penasaran mengapa perempuan sering merasa lelah saat menstruasi ini, kita punya jawabannya kok, Millens. Simak baik-baik ya?

1.       Terjadi perubahan hormonal

Saat fase menstruasi tiba, kadar estrogen dan progesterone mengalami penurunan dengan signifikan. Dampaknya, produksi energi jadi nggak maksimal dan akhirnya membuat tubuh jadi mudah lelah. Sebaliknya, hormon prostaglandin justru meningkat. Hal ini membuat kontraksi otot rahim jadi meningkat. Efeknya bisa bikin rasa nggak nyaman dan mudah lelah.

2.       Berkurangnya zat besi

Menstruasi bikin lelah. (Klikdokter)

Saat menstruasi, kaum hawa kehilangan cukup banyak darah kotor. Hal ini berdampak pada berkurangnya kadar zat besi di dalam darah. Kalau sudah begini, bisa menyebabkan efek lainnya, yaitu munculnya anemia dengan gejala mudah lelah, kepala pusing, dan sulit untuk berkonsentrasi.

3.       Masalah pada keseimbangan elektrolit tubuh

Dampak lain dari tidakseimbangnya hormon selama fase menstruasi adalah ketidakseimbangan kadar elektrolit tubuh seperti kalsium dan magnesium. Kalau sudah begini, maka tubuh bakal terasa sangat nggak nyaman dan mudah lelah.

Oleh karena itulah, banyak pakar kesehatan yang menyarankan kaum Hawa untuk memperbanyak asupan makanan yang kaya akan kalsium dan magnesium selama fase menstruasi demi membuat tubuh jadi lebih fit.

4.       Masalah tidur

Tubuh yang terasa nggak nyaman, kram perut, kepala pusing, dan berbagai masalah kesehatan lain yang muncul selama fase menstruasi tentu membuat perempuan mudah mengalami masalah tidur. Jadi wajar saja jika mereka nggak bisa beristirahat dengan maksimal dan akhirnya mudah lelah pada siang hari.

Melihat besarnya dampak yang dialami kaum perempuan saat fase menstruasi, ada baiknya kita bisa memahami mereka jika merasa mudah lelah saat sedang dalam fase tersebut, ya, Millens. (Arie Widodo/E05)

Tags:

ARTIKEL TERKAIT