BerandaHits
Senin, 8 Sep 2024 08:35

Lagi Sembelit? Sebaiknya Jangan Makan Kangkung Dulu

Sayur kangkung, enak tapi sebaiknya nggak dikonsumsi berlebihan. (Royco)

Meski banyak kandungan seratnya, ada baiknya kamu nggak makan kangkung dulu pas sembelit atau buang air besar karena bisa bikin saluran pencernaan jadi nggak nyaman.

Inibaru.id – Siapa sih yang nggak suka makan kangkung? Sayuran yang satu ini sangat mudah ditemui di mana-mana dan harganya murah. Mudah diolah, kangkung juga punya rasa yang enak. Wajar jika banyak orang suka memakannya, apalagi jika kondisinya masih hangat karena baru dimasak.

Layaknya sebagian besar sayuran pada umumnya, kangkung juga kaya akan serat dan berbagai mineral yang baik bagi tubuh. Tapi, menurut pakar kesehatan, kita justru sebaiknya nggak memakannya kalau sedang mengalami masalah sembelit alias buang air besar.

Tunggu dulu, bukankah asupan serat malah dibutuhkan saat sedang mengalami sembelit, ya? Soalnya, serat bisa bikin saluran pencernaan jadi lebih lancar. Kita baca dulu penjelasan terkait hal ini, Millens.

Menurut Medicalnewstoday, benar jika kangkung kaya akan serat dan direkomendasikan bagi mereka yang pengin menjalani gaya hidup sehat atau melakoni diet. Tapi, karena rasanya enak, kebanyakan orang makan kangkung banyak-banyak. Alhasil, asupan serat yang didapat tubuh jadi sangat tinggi.

Kalau kita sedang sembelit, serat memang bisa bikin pencernaan jadi lebih lancar. Tapi, kalau asupan seratnya terlalu banyak, malah bisa bikin perut jadi sangat nggak nyaman. Bisa-bisa kita juga mengalami mual-mual, lo. Makanya, kita sebaiknya mengonsumsi asupan serat dari penganan lainnya saja dengan jumlah yang wajar.

Selain nggak direkomendasikan untuk dimakan saat sedang sembelit, kita juga nggak disarankan makan kangkung kalau sedang mengalami kondisi kesehatan berikut ini, Millens.

Sayur kangkung sebaiknya dikonsumsi nggak berlebihan. (Resepkoki)

1.       Sedang minum obat pengencer darah

Penderita kondisi kesehatan tertentu yang membutuhkan obat pengencer darah seperti penderita penyakit jantung atau orang yang sedang memulihkan diri dari stroke sebaiknya nggak makan sayur kangkung karena adanya kandungan vitamin K tinggi yang bisa membuat kinerja obat pengencer darah berjenis warfarin atau coumadin jadi nggak maksimal.

2.       Punya masalah tiroid

Di dalam kangkung terdapat kandungan glukosinat yang bisa mencegah kanker. Tapi, kandungan ini juga bisa membuat produksi hormon tiroid alami dalam tubuh berkurang. Dampaknya, bisa bikin gangguang metabolisme berupa hipotiroidisme. Jika kelenjar tiroid jadi kurang aktif karena hal ini, tentu nggak baik bagi kesehatan.

3.       Berisiko tinggi terkena batu ginjal

Ternyata, kandungan oksalat di kangkung cukup tinggi, lo. Jadi, orang-orang yang sudah didiagnosis punya risiko tinggi terkena batu ginjal sebaiknya nggak mengonsumsinya. Pasalnya, asupan oksalat berlebihan bakal bikin risiko batu ginjal jadi semakin besar, deh.

Yap, meskipun rasanya enak dan mudah diolah, ada baiknya memang kita harus berhati-hati dalam mengonsumsi kangkung agar nggak berlebihan, ya, Millens? (Arie Widodo/E05)

Tags:

ARTIKEL TERKAIT