BerandaHits
Senin, 15 Sep 2024 10:48

Kisah di Balik Foto Ular Dimakan Katak Hidup-hidup yang Viral

Foto ular dimakan katak yang viral di media sosial. (Natgeo/Julie-Anne O’Neill)

Foto ular dimakan katak hidup-hidup dan terlihat masih berjuang untuk keluar dari tenggorokan sang katak viral di media sosial. Seperti apa ya kisah foto yang cukup menarik ini?

Inibaru.id – Di suatu kesempatan, kamu pasti pernah melihat foto ini; seekor katak berwarna hijau yang membuka mulutnya lebar-lebar. Persis di ujung kerongkongan, ada kepala ular berukuran kecil yang juga membuka mulut, seakan-akan meronta namun nggak bisa keluar dari saluran pencernaan sang katak. Foto ular dimakan katak hidup-hidup ini memang cukup viral dan sering ditemukan di media sosial.

Selain karena hal aneh melihat katak memakan ular, bukannya sebaliknya yaitu ular memakan katak. Ukuran dari katak yang memakan ular pada foto tersebut juga cukup besar. Ditambah dengan pose katak yang membuka mulutnya seperti mau menunjukkan kalau dia sudah berhasil memakan katak, foto tersebut memang terlihat sangat luar biasa.

Tapi, tahu nggak kalau foto tersebut sudah berusia lebih dari seabad? Foto tersebut diambil pada 2011 lalu oleh warga North Queensland, Australia bernama Julie-Anne O’Neill. Dia memang suka jalan-jalan dan melihat kehidupan alam liar yang nggak jauh dari rumahnya.

Pada suatu malam, setelah badai yang cukup besar, kondisi lingkungan di sekitarnya yang basah membuat katak terus bersahut-sahutan. Dia pun pergi keluar rumah untuk melihat-lihat sembari membawa senter. Tapi, baru beberapa puluh langkah berjalan, dia dikejutkan dengan seekor katak pohon hijau Australia berukuran raksasa di atas tanah.

Meski jarang, terkadang memang katak makan ular. (9news.com.au/Jamie Chapel)

“Itu adalah katak terbesar yang pernah aku lihat, dan dia terus membuka mulutnya. Pas aku cek dengan senter, ada seekor ular kecil berwarna cokelat yang terus berusaha untuk keluar dari kerongkongannya,” ucap O’Neill sebagaimana dinukil dari Nationalgeographic, (15/12/2017).

Bukan hal aneh bagi O’Neill dan warga Australia di kawasan pedesaan melihat katak pohon hijau Australia berukuran besar. Tapi, biasanya mereka melihat katak ini memakan serangga, bukannya ular. Melihat pemandangan nggak biasa ini, dia balik ke rumah untuk meraih kamera, berusaha mengabadikannya.

Katak tersebut bergerak mengikutinya, memanjat ke sebuah keranjang di dekat teras rumahnya. Saat itulah, O’Neill langsung mengambil foto luar biasa tersebut dan kemudian mengunggahnya di Google+.

“Aku pikir kataknya akan mati karena ularnya masih hidup dan berusaha keluar. Tapi saat pagi, katak itu masih di teras rumahku. Jadi aku pikir ularnya berhasil dia makan,” lanjutnya.

Meski sudah banyak dokumentasi yang menunjukkan katak berukuran besar bisa makan ular berukuran kecil, katak biasanya memakan serangga. Tapi, khusus untuk katak pohon hijau Australia, terkadang juga makan kadal, kelelawar, hingga tikus kecil. Oleh karena itulah, foto yang diambil O’Neill viral dan bahkan cukup sering muncul di media sosial pada zaman sekarang.

Nggak disangka ya, foto yang cukup populer ini ternyata diambil di dekat rumah, bukannya di tengah hutan, Millens. (Arie Widodo/E05)

Tags:

ARTIKEL TERKAIT