BerandaHits
Jumat, 14 Mar 2024 11:04

KAI: Karena Banjir, Penumpang Diimbau Datang Lebih Awal ke Stasiun

Pelayanan naik turun penumpang kereta api di Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng sementara dialihkan ke Stasiun Poncol. (Dokumentasi PT KAI)

Biar nggak kena macet atau terganggu dengan banyaknya genangan air, KAI Daop 4 Semarang mengimbau penumpang untuk datang lebih awal ke stasiun.

Inibaru.id - Karena hujan nggak kunjung berhenti mengguyur Kota Semarang dan sekitarnya, sebagian besar wilayah di Kota Atlas tergenang air, nggak terkecuali Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng. Oleh sebab itu, pelayanan naik turun penumpang kereta api (KA) di stasiun tersebut sementara dialihkan ke Stasiun Poncol.

Manager Humas KAI Daop 4 Semarang, Franoto Wibowo mengatakan hari ini Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng nggak melayani naik dan turun penumpang sampai kondisi banjir teratasi.

"Bagi penumpang yang memiliki jadwal keberangkatan kereta yang naik dari Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng agar datang ke Stasiun Semarang Poncol sesuai dengan jadwal yang tertera pada tiket," kata Franoto dalam keterangan tertulis, Kamis (14/3/2024) pagi.

Sementara itu, banjir juga menggenangi tiga titik rel di wilayah Daop 4 Semarang, yaitu di petak Jalan Semarang Tawang Bank Jateng-Alastua, Petak Jalan Semarang Tawang Bank Jateng-Semarang Poncol, dan Petak Jalan Mangkang-Kaliwungu. Ketinggian air melebih 10 sentimeter dari rel, sehingga perlu perubahan pola operasi kereta api.

Penumpang Datang Lebih Awal

KAI telah menempatkan beberapa petugas prasarana di daerah rawan banjir. (Dokumentasi PT KAI)

Karena cukup banyak banjir dan genangan air di jalan menuju ke arah stasiun Semarang Tawang Bank Jateng dan Stasiun Semarang Poncol, pihak KAI Daop 4 Semarang mengimbau kepada masyarakat yang akan menggunakan transportasi di kedua Stasiun itu agar mengalokasikan waktu kedatangannya ke stasiun dengan baik .

"Mengingat curah hujan yang tinggi dan mengakibatkan banjir dan genangan air di jalan menuju ke stasiun, kami mengimbau kepada masyarakat yang akan menggunakan transportasi KA untuk datang lebih awal , agar tidak tertinggal kereta api," kata manager Humas Daop 4 Semarang, Franoto Wibowo.

Sampai saat ini, akibat hujan deras di wilayah Semarang, petugas prasarana KAI melakukan pemantauan di lokasi jalur KA rawan banjir untuk meyakinkan perjalanan KA berjalan lancar dan aman.

"Untuk antisipasi keselamatan dan keamanan perjalanan KA, KAI menempatkan beberapa petugas prasarana di daerah rawan banjir di petak jalan Stasiun Alastua-Semarang Tawang Bank Jateng- Semarang Poncol," tutup Franoto.

Banjir kali ini memang berdampak pada banyak hal termasuk transportasi kereta api ya, Millens? Oleh karena itu, selalu waspada dan jaga keselamatan selama beraktivitas, ya! (Siti Khatijah/E07)

Tags:

ARTIKEL TERKAIT