BerandaHits
Selasa, 15 Apr 2024 17:41

Jawa Tengah Kirim 10 Atlet Disabilitas Berbakat ke Bangladesh

Pelepasan kontingen ke Bangladesh di halaman Kantor Gubernur Jawa Tengah, Senin (15/4/2024). (Humas Pemprov Jateng)

Pemerintah menunjuk Provinsi Jawa Tengah untuk mengirimkan delegasi ke Special Olympics Asia Pasific South Asia Unified Football Competition di Bangladesh.

Inibaru.id - Kemeriahan Lebaran nggak menyurutkan 10 atlet berbakat dengan disabilitas intelektual untuk berangkat mengharumkan nama bangsa. Mereka dilepas oleh Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah, Sumarno untuk mengikuti Special Olympics Asia Pasific South Asia Unified Football Competition di Dhaka, Bangladesh. Pelepasan kontingen ini berlangsung di halaman Kantor Gubernur Jateng pada Senin (15/4/2024).

“Harapannya, mereka bisa berprestasi di sana. Karena ini juga menjadi bagian eksistensi diri, bahwa mereka mampu berprestasi. Mudah-mudahan mereka berhasil,” harap Sumarno, di sela pelepasan delegasi.

Menurut Sumarno, partisipasi dalam ajang kompetisi ini bukan hanya tentang prestasi olahraga semata, tetapi juga sebagai upaya sosialisasi kepada masyarakat luas, bahkan di tingkat internasional.

“Karena anak-anak bertalenta khusus tidak butuh dikasihani, tetapi butuh difasilitasi agar bisa mengekspresikan talentanya,” katanya.

Sekda Jateng menyalami para kontingen. (Humas Pemprov Jateng)

Pemerintah Provinsi Jateng telah lama memfasilitasi atlet disabilitas nggak hanya dari wilayahnya sendiri, tetapi juga atlet nasional yang akan berkompetisi di tingkat internasional. Banyak atlet berbakat khusus yang telah meraih prestasi baik di level nasional maupun internasional.

Adi Nugroho, Wakil Ketua Special Olympics Indonesia (SOIna) Jateng menjelaskan bahwa delegasi yang akan berangkat ke Dhaka, Bangladesh, terdiri dari 10 atlet, 2 pelatih, dan 6 ofisial. Para atlet berasal dari Kota Semarang, Surakarta, Wonogiri, dan Temanggung.

“Kebetulan yang ditunjuk oleh spesial Olympic Indonesia adalah Jawa Tengah. Hanya Jateng yang mewakili Indonesia. Jadi ini kebanggaan buat kita, karena dipercaya mewakili Indonesia di ajang internasional,” jelasnya.

Para atlet telah melakukan persiapan intensif termasuk latihan rutin selama bulan Ramadan. Keberangkatan mereka mendapat dukungan penuh dari Pemerintah Provinsi Jateng.

“Terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Jateng yang telah memfasilitasi mengantarkan kami menggunakan bus sampai ke Bandara Soekarno Hatta Jakarta,” ujarnya.

Setelah pelepasan, kontingen berangkat menuju Jakarta menggunakan jalur darat dan akan melanjutkan perjalanan ke Bangladesh menggunakan pesawat pada Senin malam tanggal 15 April 2024.

Semoga mereka bisa menang dan semakin melambungkan nama Indonesia di kancah dunia ya, Millens! (Siti Zumrokhatun/E10)

Tags:

ARTIKEL TERKAIT