BerandaHits
Minggu, 7 Sep 2024 09:00

Jadwal dan Rute Borobudur Night Carnival

Borobudur Night Carnival 2024 digelar pada Sabtu (7/9/2024) malam. (BNC)

Pada Sabtu (7/9/2024) malam di Kabupaten Magelang, kamu bisa menonton Borobudur Night Carnival. Bakal seseru apa ya festival seni yang satu ini?

Inibaru.id – Kamu bingung mau menghabiskan akhir pekan dengan cara apa? Nggak perlu pusing, kamu bisa menikmati Borobudur Night Carnival di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Borobudur Night Carnival (BNC) 2024 bakal dimulai pada Sabtu (7/9/2024) pukul 19.00 WIB dengan tema "Gebyar Bumi Sambhara". Pada gelaran tahun ini, terdapat 34 kelompok yang berasal dari 20 desa, instansi, hingga sekolah-sekolah yang akan memeriahkan acara ini. Ada juga perwakilan dari wilayah lain seperti Kota Semarang, Tuban, Banyuwangi, hingga Ponorogo.

“Dengan menggelar BNC, harapan kami yang dikenal nggak hanya Candi Borobudur saja, melainkan juga kawasan di sekitar Borobudur yaitu Bumi Sambhara. Semoga saja hal ini bisa semakin mengangkat pariwisata di sekitar sini,” ucap Ketua Panitia BNC Bendrat Agus sebagaimana dilansir dari Detik, Kamis (5/9).

Nah, biar kamu bisa parkir di tempat yang tepat dan nggak terjebak kemacetan saat pengin menonton acara ini, pastikan untuk mengetahui arus lalu lintas yang dialihkan aparat demi menyukseskan acara ini, Millens.

“Pengalihan arus bakal kami lakukan di Simpang Kujon, Simpang Empat Koramil Borobudur, Simpang Tiga Pasar Borobudur, dan Simpang Tiga Bu Sum,” terang Kaur Bin Ops Satlantas Polresta Magelang Ipda Rosyid Budianto sebagaimana dinukil dari Kompas, Jumat (6/9).

Gelaran Borobudur Night Carnival pada tahun sebelumnya. (Dok. BNC)

Nantinya, iring-iringan kelompok yang sudah menyiapkan atraksinya masing-masing ini akan dimulai dari Kampung Seni Borobudur yang ada di Kujon menuju panggung utama yang sudah didirikan di depan kantor Kecamatan Borobudur. Di depan panggung inilah, per kelompok bakal tampil sekitar 5 menit.

Setelah tampil, partisipan bakal kembali berjalan sampai ke Jalan Medang Kamulan sebelum kembali menggelar penampilan seni budaya selama lima menit di dekat pohon beringin. Mereka pun kemudian kembali berjalan ke Terminal Borobudur yang memang dijadikan garis finish iring-iringan.

O ya, BNC tahun ini sengaja digelar malam hari agar wisatawan jadi lebih mengenal potensi wisata di Kabupaten Magelang pada waktu malam. Selain itu, karena ke depannya pada akhir pekan, tepatnya pada Sabtu malam di kawasan tersebut bakal rutin digelar pentas seni, diharapkan karnaval ini bisa jadi ajang promosi bagi pentas-pentas tersebut.

“Kami pilih menggelarnya pada malam hari karena waktunya lebih luang. Masyarakat juga pas nggak beraktivitas,” lanjut Agus.

Wah, sepertinya Borobudur Night Carnival ini bakal seru dan menarik, ya? Yuk kita nonton di akhir pekan ini, Millens! (Arie Widodo/E10)

Tags:

ARTIKEL TERKAIT