BerandaHits
Sabtu, 8 Sep 2023 19:20

Ciri-Ciri Uang Mutilasi yang Bikin Resah Banyak Orang

Nomor seri yang berbeda dalam satu lembar uang mutilasi. (Sukabumiupdate)

Nggak hanya uang palsu yang bikin resah masyarakat. Kini, ada juga uang mutilasi yang merupakan kombinasi dari uang asli dan uang palsu atau uang dengan dua jenis nominal dengan warna yang mirip. Seperti apa sih ciri-ciri dari uang mutilasi ini?

Inibaru.id – Masalah uang palsu di Indonesia masih belum terselesaikan, muncul lagi masalah lainnya. Kini, masyarakat dihebohkan dengan keberadaan uang mutilasi. Istilah apa lagi ini?

Ada dua versi dari uang mutilasi yang bisa kamu temui. Yang pertama adalah uang palsu dengan nominal yang berbeda. Sebagai contoh, ada uang dengan tulisan nominal Rp50 ribu. Tapi di ujung kertas lainnya, tertulis nominal Rp2 ribu. Kedua jenis uang kertas tersebut memang sekilas memiliki warna yang sama sehingga saat digabungkan, terkesan sama.

Banyak orang yang terkecoh dengan uang ini karena dianggap sebagai uang Rp50 ribu asli. Padahal, uang tersebut sudah rusak disobek separuh dan sobekannya digabung dengan uang dengan nominal yang lebih kecil.

Bisa dikatakan, uang tersebut sebenarnya sudah nggak berlaku, Millens.

Nah, jenis uang mutilasi lainnya yang lebih sering ditemui adalah yang separuh asli dan separuh palsu. Sebagai contoh, sobekan sebagian uang Rp100 ribu asli disambung dengan uang Rp100 ribu palsu.

Biasanya sih, jenis uang ini memiliki nomor seri yang berbeda pada sisi depan dan belakang. Sayangnya, banyak orang yang nggak menyadarinya saat menerima uang palsu tersebut.

Uang mutilasi sering beredar dalam nominal yang besar. (Ponorogonews/Jihan)

Memangnya, apa untungnya sih orang menyebar uang mutilasi? Karena dikombinasikan dengan uang palsu, tentu saja mereka bisa membuat satu lembar uang menjadi dua lembar uang. Trik ini dianggap lebih efektif jika dibandingkan menyebarkan uang palsu karena banyak orang yang tidak menyangka jika sebagian dari uang asli yang mereka terima ternyata adalah uang palsu.

Lantas, bagaimana jika kamu menemukan uang mutilasi? Apakah bisa ditukar ke Bank Indonesia? Kalau menurut keterangan Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Bank Indonesia (BI) Erwin Haryono, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi agar sebuah uang bisa ditukar di BI. Nah, khusus untuk uang mutilasi, jika 50 persen dari uang tersebut adalah uang asli, seharusnya bisa ditukar.

“Bisa, asalkan bisa dikenali keasliannya minimal 50 persen,” ungkap Erwin sebagaimana dilansir dari Detik, Kamis (7/9/2023).

Nah, mengingat uang mutilasi sudah kadung beredar di masyarakat, sebaiknya kamu lebih waspada ya jika mendapatkan uang dengan nominal yang cukup besar. Sebagai contoh, jika kamu mendapatkan lembaran uang Rp20 ribu, Rp50 ribu, atau Rp100 ribu yang terlipat, segera buka lipatannya dan pastikan nomor seri pada satu lembar uang tersebut sama. Jika ternyata berbeda, bisa dipastikan uang tersebut uang mutilasi.

Selalu waspada ya agar nggak sampai jadi korban penyebaran uang mutilasi dan uang palsu, Millens? (Arie Widodo/E05)

Tags:

ARTIKEL TERKAIT