BerandaHits
Senin, 15 Sep 2024 09:28

Chat Lock: Fitur di WhatsApp untuk Mengunci Chat agar Nggak Dibaca Orang Lain

Chat Lock bisa kamu gunakan untuk mengunci chat penting di WhatsApp. (Gamebrott)

Pengin mengunci chat di WhatsApp agar nggak mudah dibaca orang lain? Tenang, kamu bisa memakai fitur Chat Lock, kok. Bagaimana cara menggunakannya?

Inibaru.id – Ada cukup banyak fitur di WhatsApp yang menarik dan bisa kamu gunakan. Salah satu di antaranya adalah Chat Lock yang memungkinkanmu mengunci chat agar nggak mudah dibaca orang lain. Seperti apa sih cara untuk menggunakan fitur ini?

Terkadang, saat dipinjam oleh orang lain, ponsel kita mendapatkan notifikasi pesan baru dari WhatsApp. Nah, notifikasi ini biasanya juga disertai dengan sebagian atau bahkan seluruh isi pesan tersebut. Kalau pesannya nggak chat privat, tentu nggak masalah ya. Tapi, bagaimana jika chat tersebut ternyata adalah chat privat yang seharusnya nggak dibaca oleh orang lain?

Untungnya, dengan memakai fitur Chat Lock ini, orang lain nggak bisa dengan mudah membuka chat yang privat. Bahkan, saat ada notifikasi pesan masuk pun, yang terlihat hanyalah tulisan “WhatsApp: 1 Pesan baru”, bukannya menampilkan sebagian isi pesan dan nama pengirimnya seperti biasanya.

Yang menarik dari fitur ini adalah, kamu nggak hanya bisa mengunci chat dari satu atau dua kontak saja. Kamu bahkan bisa mengunci chat di dalam grup. Jadi, misalnya grup tersebut berisi banyak chat yang isinya adalah rahasia kerjaan, bisa aman deh nggak dilihat orang lain.

Chatnya juga bisa dikunci dengan passcode, sidik jari, face ID, atau kode-kode rahasia lainnya. Intinya, memang memastikanmu bisa mengunci chat yang sekiranya penting.

Lantas, bagaimana ya menggunakan fitur Chat Lock di WhatsApp ini? Yuk simak baik-baik langkah-langkahnya berikut ini!

Kamu bisa memakai fitur pengaman untuk mengunci chat penting. (Gamebrott)

Di ponsel android

1. Kamu tinggal membuka aplikasi WhatsApp di ponsel Android

2. Pilih salah satu chat yang pengin kamu kunci baik itu chat personal atau chat grup

3. Tahan tiga detik pada chat tersebut, tunggu sampai muncul sejumlah menu tambahan

4. Ketuk ‘Lock Chat’ lalu tekan ‘Continue’

5. Gunakan fitur pengaman chat tersebut. Sebagai contoh, tempelkan sidik jarimu untuk mengunci chatnya

Di ponsel iPhone

a. Buka aplikasi WhatsApp

b. Pilih salah satu chat yang pengin kamu kunci

c. Tahan chat tiga detik atau geser chat ke kiri sampai muncul sejumlah menu tambahan

d. Ketuk ‘Lock Chat’ lalu Tekan ‘Continue’

e. Gunakan fitur pengaman chat seperti Face ID untuk memindai wajah atau Touch ID untuk sidik jari

Berikut adalah cara untuk melihat chat yang sudah dikunci di WhatsApp

Khusus untuk ponsel Android, kamu tinggal buka WA dan scroll sampai ke paling bawah untuk menemukan folder ‘Locked Chats’. Ketuk folder tersebut dan buka dengan fitur pengaman yang sudah kamu pasang.

Proses serupa juga bisa kamu lakukan untuk membuka locked chat di iPhone. Bedanya hanyalah fitur pengaman yang digunakan oleh setiap individu.

FYI, kontak yang kamu kunci nggak bakal tahu kamu telah menguncinya. Meski begitu, mereka tetap bisa meneleponmu seperti biasa. O ya, kalau kamu pengin membukanya di WhatsApp Web, mau nggak mau kamu harus membuka folder Locked Chats di ponselmu dulu untuk membukanya.

Gimana, tertarik untuk memakai fitur di WhatsApp ini, Millens? (Arie Widodo/E10)

Tags:

ARTIKEL TERKAIT