BerandaHits
Selasa, 19 Feb 2024 17:00

Biar Nggak Malu, Begini Cara Mematikan Alarm Token Listrik yang Berisik!

Suara alarm token listrik berisik. (SajianSedap/Idam Rosyda Suha)

Suara alarm token listrik yang berisik karena pulsa akan segera habis acap bikin tetangga terganggu. Nah, biar nggak malu, begini cara mematikannya!

Inibaru.id – Nggak sedikir orang yang kini memilih menggunakan meteran listrik prabayar ketimbang yang konvensional (pascabayar). Alasannya, jenis meteran listrik dengan sistem pulsa ini lebih mudah dikontrol penggunaannya. Kalaupun ada kendala, paling-paling karena suara alarm yang berisik saat pulsa hampir habis.

Suara alarm pada meteran listrik prabayar sejatinya nggak keras-keras banget. Namun, karena terus berbunyi, suara itu nggak jarang bikin kita atau tetangga terganggu. Padahal, kita nggak selalu bisa gercep untuk membeli token, terlebih jika alarm berbunyi di waktu yang nggak tepat.

Kalau punya uang digital, hal ini tentu nggak bakal jadi soal, karena kita bisa langsung mengisinya agar suara berisik itu nggak terdengar lagi. Namun, kalau pas nggak ada saldo, nggak mungkin kan suara itu bakal dibiarkan begitu saja hingga waktu yang lama? Apa kata tetangga nanti? Ha-ha.

Lantas, adakah cara lain untuk membungkam suara alarm yang terus berbunyi itu? Jawabannya, ada kok! Trik ini sebenarnya sudah beberapa kali di-spill oleh PLN melalui medsosnya. Sayangnya, masih banyak orang yang nggak menyadarinya.

Tips Mematikan Alarm Meteran Listrik 

Kamu bisa menekan angka 812 dan 456 untuk mematikan alarm token listrik. (Pikiranrakyat/Yusuf Wijanarko)

1. Hentikan sementara dengan menekan angka 812

Cara pertama untuk mematikan suara alarm token listrik yang berisik adalah dengan menekan angka 812 pada meteran listrik. Setelah menekan "Enter", suara alarm biasanya bakal mati dalam jangka waktu tertentu. Durasinya berbeda-beda tergantung merek perangkat yang terpasang di tempatmu.

Alarm meteran listrik dengan jenama Itron biasanya hanya akan berhenti berbunyi selama 10 menit. Sementara, perangkat keluaran Hexing bisa berhenti antara 20 menit hingga satu jam. Meski nggak terlalu lama, setidaknya suara alarm nggak terus-menerus meraung ya.

2. Ubah daya minimal dengan angka 456

Kalau satu jam dirasa belum cukup dan kamu membutuhkan waktu berhenti yang lebih lama, cobalah menekan angka 456. Dengan menekan angka tersebut, kamu bisa mengatur batas pulsa minimal untuk membuat alarm pada meteran listrikmu berbunyi.

Perlu kamu tahu, alarm berbunyi saat pulsa listrik menyentuh nominal tertentu. PLN menetapkan standar 20 kWH sebagai batas minimal yang akan memicu alarm pada perangkat kita. Kendati begitu, kamu bisa mengubahnya dengan menekan angka 456 diikuti angka batas minimal daya.

Jika menginginkan batas minimalnya menjadi 10 kWH, kamu bisa mengetik 456 diikuti angka 10 tanpa spasi. Setelah mengetik 45610, kamu tinggal memencet "Enter". Dengan begitu, alarm yang sebelumnya berbunyi karena mencapai 20 kWH pun bakal langsung berhenti.

3. Segera isi token listrik

Menekan angka 812 atau 456 hanyalah solusi sementara, karena sesungguhnya satu-satunya jalan agar suara alarm berisik itu berhenti hanyalah dengan mengisi pulsa atau token listrik. Maka, sediakanlah uang digital minimal senilai harga pulsa terkecil, yakni Rp20 ribu.

Yap, itulah tiga tips mematikan suara alarm pada meteran listrik di rumah yang bisa kamu coba. Semoga membantu! (Arie Widodo/E03)

Tags:

ARTIKEL TERKAIT