BerandaHits
Minggu, 21 Sep 2024 14:00

Berbagai Hal yang Hanya Bisa Ditemukan di Jepang

Mesin penjual makanan otomatis di Jepang. (Kikkoman)

Sebelum main ke Jepang, sebaiknya kamu ketahui dulu berbagai hal yang hanya bisa ditemukan di Jepang ini biar nggak kaget.

Inibaru.id – Di balik masifnya ekspor anime dan kultur pop hingga ke seluruh dunia, nyatanya kita masih belum benar-benar mengenal budaya Jepang dengan baik. Di sana, ada banyak sekali hal yang nggak akan kita sangka bisa ditemukan di negara-negara lain. Bahkan, bisa jadi hal-hal tersebut nggak terpikirkan sama sekali oleh siapa saja sebelumnya.

Tapi, bukan berarti hal-hal yang hanya bisa ditemukan di Jepang ini selalu terkait dengan teknologi, ya? Nah, biar nggak semakin penasaran, yuk simak apa saja sih berbagai hal tersebut!

1. Hikikomori

Hikikomori adalah pilihan hidup yang dilakukan orang Jepang berupa nggak mau lagi menjalani kehidupan sosial dan hanya mengurung diri di kamar. Terkadang, mereka bahkan sampai nggak lagi ngobrol dengan orang tuanya meski di rumah yang sama, lo. Setiap hari, mereka hanya makan, minum, tidur, ke toilet, atau melakukan berbagai aktivitas pribadi lainnya. Hidup mereka pun benar-benar bergantung pada orang lain.

Kalau menurut keterangan pemerintah Jepang, setidaknya ada 1 juta orang yang menjalani gaya hidup ini selama berbulan-bulan atau bertahun-tahun. Kebanyakan pelakunya adalah remaja atau orang dewasa muda yang merasa nggak lagi tahan dengan tuntutan keluarga atau kehidupan sosial.

2. Johatsu

Beda dengan hikikomori, johatsu adalah fenomena seseorang memilih untuk benar-benar lenyap dan menanggalkan identitas lamanya untuk tinggal di wilayah lain dengan identitas baru. Mereka benar-benar meninggalkan keluarganya, orang-orang terdekatnya, dan semua hal yang sebelumnya lekat dengan kehidupannya.

Alasan mereka melakukannya adalah nggak puas dengan kehidupan, punya banyak utang, atau masalah lain yang bikin mereka pengin menghilangkan jejak dan memulai hidup baru. Pilihan ini dianggap lebih baik daripada bunuh diri.

3. Kamera ponsel harus bersuara

Kamera ponsel di Jepang harus bersuara. (Leica-camera)

Beda dengan kamera ponsel kita yang seringkali nggak ada suaranya, kamera ponsel di Jepang harus bersuara meski ponselnya sudah masuk mode silent. Alasannya, agar kita nggak diam-diam mengambil foto atau video orang lain tanpa izin. Hal ini juga dianggap bisa mencegah terjadinya kasus pelecehan.

4. Kafe Berpelukan

Saking gila kerjanya orang-orang Jepang, banyak yang nggak mendapatkan kasih sayang dari keluarga atau pasangan. Nah, untuk mendapatkan kasih sayang ini dan nggak merasa kesepian, mereka bisa datang ke kafe berpelukan.

Dengan membayar kurang lebih 6.000 Yen, pelanggan pun bisa memeluk pelayan di kafe tersebut. Bahkan, ada juga opsi untuk tidur sembari dipeluk meski nggak boleh melakukan aktivitas seksual apapun.

5. Mesin Penjual Aneka Barang

Kalau di Indonesia, mesin penjual biasanya hanya menyediakan minuman kemasan dingin, ya? Kalau di Jepang, yang dijual lebih beragam dari makanan hangat, kepiting hidup, telur, aneka jajanan, dan lain-lain. Unik banget, ya?

Gimna, setelah mengetahui berbagai hal yang hanya bisa ditemukan di Jepang, semakin tertarik untuk main ke sana nggak, Millens? (Arie Widodo/E10)

Tags:

ARTIKEL TERKAIT