BerandaHits
Selasa, 15 Apr 2024 14:00

Benarkah Uban Dicabut Bakal Tambah Banyak?

Benarkah jika uban dicabut bakal tambah banyak? (Marketeers/123rf)

Ada banyak orang yang percaya bahwa jika uban dicabut, bakal tambah banyak. Hal ini sesuai nggak sih dengan fakta kesehatan?

Inibaru.id – Ada banyak sekali mitos uban yang dipercaya masyarakat. Salah satu yang sering kita dengar adalah anggapan bahwa jika uban dicabut, bakal tambah banyak. Apakah hal ini sesuai dengan fakta kesehatan?

Terkait dengan hal ini, para ahli dari University of Arkansas for Medical Sciences (UAMS) Health memastikan bahwa anggapan ini nggak sesuai dengan fakta kesehatan. Kalau kamu mencabut uban, nggak akan bikin rambut di sekitarnya jadi berwarna putih juga. Tapi, bukan berarti kamu bisa mencabut uban sembarangan. Soalnya, hal ini bisa bikin area kepala yang sering kamu cabuti ubannya jadi rentan mengalami kebotakan.

Mengapa bisa begitu? Hal ini disebabkan oleh folikel rambut hanya menyediakan satu tempat bagi sehelai rambut. Artinya, kalau kamu mencabut rambut yang sudah beruban, yang tumbuh pada folikel tersebut juga hanya satu rambut, bukannya lebih banyak rambut, apalagi yang beruban.

Meski begitu, biasanya rambut yang baru muncul juga bakal beruban. Alasannya sih, karena pada folikel tersebut sudah nggak lagi punya melanin yang menyediakan warna alami rambut. Jadi, kalau kamu mencabut satu uban, sebenarnya adalah tindakan yang nggak berfaedah karena pada akhirnya uban juga bakal tumbuh kembali.

Masalahnya, kalau kamu terus-terusan mencabut uban pada folikel yang sama, bisa bikin folikel tersebut akhirnya mengalami trauma, infeksi, hingga kerusakan. Kalau sudah begitu, nggak akan bisa lagi berperan menjadi tempat tumbuhnya rambut baru. Jika hal ini terjadi pada banyak folikel di kepalamu, akhirnya bisa menyebabkan kebotakan, deh.

Bukannya bikin uban jadi tambah banyak, jika sering dicabut, malah bisa menyebabkan kebotakan. (Shutterstock)

Lantas, apakah kita sebaiknya hanya bisa pasrah jika pada kepala kita sudah muncul uban? Kalau menurut WebMD sih, sebenarnya ada cara agar rambut beruban bisa kembali mendapatkan warna alaminya. Caranya adalah dengan melakukan hal-hal berikut ini.

  1. Kalau kamu adalah perokok, harus segera berhenti merokok karena kandungan racun pada rokok bisa mengurangi aliran darah ke bagian folikel rambut dan memicu munculnya uban;
  2. Menghindari banyak hal yang bisa memicu stres dan lebih banyak melakukan hal yang bisa bikin pikiran serta badan jadi lebih rileks;
  3. Rutin mengonsumsi makanan dan minuman yang kaya akan vitamin dan mineral, khususnya vitamin B-12;
  4. Kalau kamu memiliki masalah kesehatan seperti vitiligo, masalah fungsi tiorid, hingga alopecia areata, ada baiknya kamu sembuhkan dulu masalah-masalah kesehatan tersebut karena bisa memicu munculnya banyak uban.

Jadi, sudah tahu kan kalau mencabut uban nggak bakal bikin uban jadi tambah banyak? Tapi, bukan berarti kamu bisa seenaknya mencabutnya, ya, Millens? Biar nggak botak! (Arie Widodo/E10)

Tags:

ARTIKEL TERKAIT