BerandaHits
Rabu, 30 Jan 2024 17:55

Apakah Ada Notifikasi saat Kita Screenshot Instagram Orang?

Notifikasi Instagram keluar saat ada yang melakukan screenshot. (Twitter/tanyakanrl)

Saat melakukan screenshot Instagram orang, apakah bakal ada notifikasi yang dikirimkan ke pemilik akun? Berikut adalah penjelasannya!

Inibaru.id – Dalam postingan Twitter yang diunggah @tanyakanrl pada 2023 lalu, muncul diskusi panjang terkait apakah kita bakal dapat notifikasi saat ada orang lain mengambil screenshot akun Instagram kita?

Ya Allah sender baru tau kalau foto yang di-send di DM (direct message) terus di SS (screenshot) bakal ada notif ke dianya, malu banget,” tulis unggahan pada pukul 12.05 WIB tersebut.

Unggahan tersebut pun segera saja membuat orang-orang penasaran, apakah benar setiap screenshot Instagram yang kita lakukan, pemilik akun bakal mendapatkan notifikasi secara langsung terkait hal tersebut?

Terkait hal ini, laman Later (22/3/2023) pernah memberikan penjelasan mendetail berkaitan dengan notifikasi Instagram. Berikut adalah penjelasan tersebut!

Apakah ada notifikasi saat screenshot story?

Notifikasi Instagram saat ada yang melakukan screenshot. (Twitter/spcllyct)

Dulu, Instagram mengeluarkan notifikasi ke pemilik akun Instagram saat story-nya di-screenshot oleh orang. Namun, Instagram merevisi hal ini. Artinya, kini siapa pun bebas melakukan screenshot story Instagram tanpa perlu khawatir pemilik story mengetahuinya.

Untuk menghindari story kita di-screenshot orang, kamu bisa menggembok akun untuk beberapa orang atau membatasi siapa saja yang bisa melihat story kita dengan masuk ke bagian Settings (Pengaturan), lalu fitur Privacy (Privasi).

Apakah Instagram akan mengeluarkan notifikasi saat screenshot postingan?

Layaknya story, Instagram juga nggak bakal mengeluarkan notifikasi kalau kamu screenshot postingan orang lain. Alasannya, karena Instagram sudah mengeluarkan cara lebih mudah untuk menyimpan postingan orang lain, yaitu dengan tombol Save pada pojok kanan bawah unggahan.

Bagaimana dengan DM?

Nah, kalau yang ini ada aturan yang berbeda. Instagram sebenarnya nggak bakal mengeluarkan notifikasi kalau kamu screenshot DM. Pengecualian bakal diberlakukan kalau pesannya diatur dalam Vanishing Mode alias “mode menghilang” yang memungkinkan pesan hilang setelah dilihat.

Kalau kamu menerima pesan dengan mode tersebut lalu melakukan screenshot, Instagram bakal memberitahu pengirim karena berarti pesan bakal bisa dilihat lagi kali lain.

Nah, sudah tahu kan seperti apa aturan notifikasi screenshot Instagram? Biar nggak malu, pandai-pandai saat diam-diam screenshot unggahan orang ya, Millens? (Arie Widodo/E03)

Tags:

ARTIKEL TERKAIT