BerandaAdventurial
Senin, 23 Jun 2024 18:11

Berburu Sunset di Pantai Cangkring Bantul

Pantai Cangkring Bantul. (Pemkab Bantul)

Pengin piknik ke pantai di Bantul tapi nggak pengin keramaian? Datang saja ke Pantai Cangkring. Di sana, kamu bahkan bisa berburu sunset yang cantik, lo.

Inibaru.id – Total, garis pantai di Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, hanyalah sepanjang 17 kilometer. Meski nggak terlalu panjang, nyatanya Bantul memiliki 15 pantai yang jadi objek pariwisata yang sudah dikelola pemerintah kabupaten setempat. Salah satu di antaranya yang masih jadi hidden gem adalah Pantai Cangkring.

Mengapa disebut sebagai hidden gem? Tentu karena namanya nggak sepopuler pantai-pantai lainnya di Bantul seperti Pantai Parangtritis, Pantai Depok, Pantai Baru, Pantai Cemoro Sewu, atau Pantai Gua Cemara. Padahal, lokasi Pantai Cangkring nggak jauh dari pantai-pantai yang lebih populer tersebut, yaitu di Desa Poncosari, Kecamatan Srandakan.

Tapi, karena nggak begitu populer meski sudah dibuka sejak 2014, pantai ini pun bisa jadi jujugan bagi kamu yang pengin main ke pantai tapi nggak suka dengan keramaian. Apalagi, Pantai Cangkring juga cocok untuk dijadikan tempat piknik karena masih ada banyak pohon cemara yang rindang. Di bawah naungan pohon itu, kamu bisa duduk-duduk, menggelar tikar, ngemil, dan mendengarkan suara ombak Pantai Selatan yang menggelegar.

Kamu juga bisa lo berburu sunset di pantai ini. Meski nggak menghadap ke arah barat, kamu justru bisa mendapatkan pemandangan matahari tenggelam di atas pertemuan ombak dan pasir pantai. Kalau kamu suka fotografi atau hobi bikin konten, tentu pemandangan spektakuler tersebut bisa bikin kamu puas, Millens.

Kamu bisa berburu sunset yang cantik di Pantai Cangkring. (Instagram/@dinisawijaya)

Hal lain yang bisa jadi pertimbangan kamu untuk main ke Pantai Cangkring adalah biaya masuknya yang murah. Pasalnya, kamu hanya dikenakan retribusi parkir saja. Kalau naik motor, kamu hanya perlu merogoh kocek Rp3 ribu. Kalau kamu naik mobil, biaya parkirnya hanya Rp5 ribu.

“Kalau bus tarif parkirnya Rp10 ribu,” ucap salah seorang pengurus parkir kendaraan Pantai Cangkring Jumakir sebagaimana dinukil dari Tribunnews, Senin (14/1/2024).

O ya, di Pantai Cangkring juga sudah ada banyak warung makan yang menjajakan berbagai macam makanan dan minuman. Jadi, kalau kamu lupa bawa bekal, tetap bisa kok piknik di sana. Kamu juga nggak perlu khawatir jika pengin buang air kecil karena sudah disediakan fasilitas kamar mandi, toilet, serta musala.

Hm, bisa nih kita main ke Pantai Cangkring Bantul untuk piknik atau sekadar berburu sunset. Yuk, kapan kita datang ke sana, Millens? (Arie Widodo/E05)

Tags:

ARTIKEL TERKAIT