BerandaInspirasi Indonesia
Kamis, 15 Agu 2018 13:00

Nayoko Wicaksono, Founder Seekmi yang Menyukai Tantangan

Nayoko Wicaksono. (swa.co.id)

Melalui Seekmi, Koko berharap orang lebih mudah menemukan berbagai jasa yang dibutuhkan.

Inibaru.id- Sobat Millens suka berada di zona nyaman? Jika iya, maka berbeda halnya dengan Nayoko Wicaksono. Ya, alih-alih menjalani pekerjaan enak di Kota Vanchouver, Kanada, nyatanya nggak membuat Nayoko Wicaksono merasa puas. Ingin merasakan tantangan yang lebih, dia justru memilih resign dan kembali pulang ke Indonesia.

Mengutip bintang.com (3/6/2016), Koko, panggilan akrab Nayoko Wicaksono pernah bekerja menjadi seorang pegawai, hingga berdagang kecil-kecilan. Dia juga sempat bergabung menjadi tim Zalora, Lakupon.com Liputan6.com, KMK online hingga Home Tester Club (HTC).

Setelah cukup percaya diri mendirikan bisnis start up, anak bungsu dari tiga bersaudara ini mendirikan Seekmi pada April 2016. 

Seekmi.com adalah sebuah aplikasi layanan online penyedia jasa teknisi untuk kebutuhan harian rumah tangga dan kantor. Mulai dari jasa perbaikan AC, jasa pembersihan, jasa laundry, perbaikan elektronik hingga tukang ledeng.

https://d26bwjyd9l0e3m.cloudfront.net/wp-content/uploads/2016/05/Marketplace-Pencari-Jasa-Seekmi-Ilustrasi.jpg

Jasa pembersihan, salah satu jasa yang bisa kamu temukan di seekmi. (Techinasia.com)

Adapun ide "perjodohan" ala Seekmi ini berawal dari kegemaran Koko menghubungkan teman-temannya yang memerlukan sesuatu. Dari hal tersebut, laki-laki kelahiran Jakarta, 29 November 1984 itu menemukan masalah dalam mendapatkan layanan jasa yang tepat.

Terinspirasi dari Thumbtack, sebuah start up di Amerika Serikat yang mampu menghubungkan pengguna dengan penyedia jasa profesional, lulusan University of British Columbia itu menangkap peluang tersebut di Indonesia. Bersama dengan rekannya Clarissa Leung, mereka berusaha menyediakan vendor terbaik. Selanjutnya transaksi dilakukan antara vendor dengan penguna.

Oya, nama Seekmi sendiri berasal dari bahasa Inggris “Seek Me" atau cari saya. Kata yang menarik dan sederhana tapi mengena. Kenapa bahasa Inggris? Menurut laki-laki yang hobi fotografi dan traveling itu, lantaran ke depannya dia sudah memikirkan ekspansi ke luar negeri. Selain itu, dia juga berpikir masyarakat Indonesia sudah cukup familiar dengan bahasa Inggris.

Well, meskipun tantangannya cukup banyak dan luas, Koko yakin suatu saat Seekmi bisa berkembang pesat bersama masyarakat Indonesia. So, apakah kamu berani untuk keluar dari zona nyaman, Millens? (IB05/E05)

Tags:

ARTIKEL TERKAIT

Bakmi Palbapang Pak Uun Bantul, Hidden Gem Kuliner yang Bikin Kangen Suasana Jogja

2 Des 2025

Bahaya Nggak Sih Terus Menancapkan Kepala Charger di Soket Meski Sudah Nggak DIpakai?

2 Des 2025

Lebih Mudah Bikin Paspor; Imigrasi Semarang Resmikan 'Campus Immigration' di Undip

2 Des 2025

Sumbang Penyandang Kanker dan Beri Asa Warga Lapas dengan Tas Rajut Bekelas

2 Des 2025

Mengapa Kebun Sawit Nggak Akan Pernah Bisa Menggantikan Fungsi Hutan?

2 Des 2025

Longsor Berulang, Sumanto Desak Mitigasi Wilayah Rawan Dipercepat

2 Des 2025

Setujui APBD 2026, DPRD Jateng Tetap Pasang Target Besar Sebagai Lumbung Pangan Nasional

28 Nov 2025

Bukan Hanya Padi, Sumanto Ajak Petani Beralih ke Sayuran Cepat Panen

30 Nov 2025

Pelajaran Berharga dari Bencana Longsor dan Banjir di Sumatra; Persiapkan Tas Mitigasi!

3 Des 2025

Cara Naik Autograph Tower, Gedung Tertinggi di Indonesia

3 Des 2025

Refleksi Akhir Tahun Deep Intelligence Research: Negara Harus Adaptif di Era Kuantum!

3 Des 2025

Pelandaian Tanjakan Silayur Semarang; Solusi atau Masalah Baru?

3 Des 2025

Spunbond, Gelas Kertas, dan Kepalsuan Produk Ramah Lingkungan

3 Des 2025

Regenerasi Dalang Mendesak, Sumanto Ingatkan Wayang Kulit Terancam Sepi Penerus

3 Des 2025

Ajak Petani Jateng Berinovasi, Sumanto: Bertani Bukan Lagi Pekerjaan Sebelah Mata

23 Nov 2025

Sumanto: Peternakan Jadi Andalan, Tapi Permasalahannya Harus Diselesaikan

22 Nov 2025

Versi Live Action Film 'Look Back' Garapan Koreeda Hirokazu Dijadwalkan Rilis 2026

4 Des 2025

Kala Warganet Serukan Patungan Membeli Hutan Demi Mencegah Deforestasi

4 Des 2025

Mahal di Awal, tapi Industri di Jateng Harus Segera Beralih ke Energi Terbarukan

4 Des 2025

Tentang Keluarga Kita dan Bagaimana Kegiatan 'Main Sama Bapak' Tercipta

4 Des 2025

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

A Group Member of

Ikuti kamu di: