BerandaHits
Jumat, 11 Jul 2024 14:00

Beda dengan Warna Bendera, Mengapa Seragam Timnas Belanda Oranye?

Para pendukung Timnas Belanda dengan warna khasnya, oranye. (X/alastairjam)

Warna bendera Belanda adalah merah, putih, biru. Tapi, warna seragam timnasnya malah oranye. Kok bisa berbeda? Ternyata ini sejarahnya.

Inibaru.id ­– Perjalanan Timnas Belanda di Euro 2024 memang baru saja berakhir setelah kalah 1-2 dari Timnas Inggris. Tapi, tetap saja tim ini memberikan warna bagi gelaran sepak bola antar-negara di Eropa yang digelar setiap empat tahunan tersebut. Salah satunya yang paling kentara adalah kebiasaan para pendukungnya yang selalu membanjiri stadion dan jalanan tempat Timnas Belanda bertanding dengan seragam warna oranye yang menyala.

Yap, oranye memang jadi warna seragam Timnas Belanda yang utama. Untuk seragam alternatif, mereka bisa memakai warna biru. Tapi, tetap saja, semua orang yang suka bola tahu, warna utama dari tim tersebut adalah oranye. Warna yang cukup jarang dijadikan seragam tim sepak bola.

Tapi, pernah nggak terpikir mengapa warna seragamnya oranye? Bukankah warna bendera Belanda adalah merah, putih, dan biru? Jadi, nggak semua timnas itu memakai warna seragam yang sama dengan warna benderanya. Italia dengan warna biru, jerman dengan warna putih, atau Siprus yang memakai warna biru juga memilih warna seragam yang sama sekali nggak ada kaitannya dengan warna bendera. Nah, pemilihan warna ini ada sejarah dan ceritanya.

Khusus untuk Belanda, ada alasan mengapa mereka memilih warna oranye. Mereka terinspirasi dari warna dan emblem yang dipakai Prince of Orange (1815-1884) yang kala itu memerintah Belanda. Bahkan, keluarga kerajaan sekarang, House of Orange-Nassau, bisa dikatakan masih jadi penerus dari pemimpin Belanda dari abad ke-19 tersebut.

Seragam Timnas Belanda 2008-2010 yang terinspirasi dari bendera lawas Belanda. (X/BjJerseys)

Meski begitu, ada versi lain yang menyebut warna seragam ini terinspirasi dari The Prince’s Flag yang digunakan pada 1570-1652. Beda dengan warna Belanda zaman sekarang, warna bendera tersebut adalah oranye, putih, dan biru. Warna ini sempat diadopsi jadi seragam Timnas Belanda pada periode 2008-2010 dengan oranye sebagai warna baju, putih sebagai warna celana, dan biru muda sebagai warna kaus kaki.

Betewe, warna bendera ini kemudian diganti dengan warna merah, putih, dan biru karena orang Belanda kesal dengan mudahnya warna oranye luntur. Mereka kemudian menggantinya dengan warna merah yang lebih tahan lama. Meski begitu, ada juga yang menyebut warna bendera ini berubah seiring dengan perubahan sistem kenegaraan di Belanda dari kerajaan ke republik.

Belanda memang kembali menjadi kerajaan pada 1815 dan bertahan sampai sekarang. Tapi, karena warna merah, putih, dan biru sudah kadung dikenal sebagai bendera Belanda, kombinasi warna ini dipertahankan. Tapi, sejarah tetap mengingat oranye sebagai simbol bangsa Belanda dan akhirnya terus dipakai Belanda sebagai warna seragam yang dipakai para atlet olahraga, apapun cabornya, termasuk sepak bola.

Ternyata begitu ya sejarah dari warna seragam Timnas Belanda yang oranye itu. Kamu memiliki jersey Belanda nggak, Millens? (Arie Widodo/E10)

Tags:

ARTIKEL TERKAIT