inibaru indonesia logo
Beranda
Hits
Ini Sebabnya Tempe Baik sebagai Teman Diet
Sabtu, 13 Mei 2023 14:34
Penulis:
Inibaru Indonesia
Inibaru Indonesia
Bagikan:
Asalkan diolah dengan cara yang benar, tempe sangat baik sebagai makanan diet. (Shutterstock/Daniel Pawer)

Asalkan diolah dengan cara yang benar, tempe sangat baik sebagai makanan diet. (Shutterstock/Daniel Pawer)

Terbuat dari kedelai yang difermentasi, tempe jadi makanan yang tepat untuk diet asalkan diolah dengan cara yang benar. Tapi apa yang bikin tempe baik untuk diet?

Inibaru.id - Tempe merupakan salah satu makanan tradisional Indonesia yang terbuat dari kedelai yang difermentasi dengan jamur Rhizopus. Makanan ini memiliki tekstur yang kenyal dan rasa yang gurih, sehingga sangat populer di Indonesia. Selain rasanya yang enak, tempe juga memiliki banyak manfaat kesehatan, terutama untuk diet.

Tempe adalah makanan yang baik untuk diet karena rendah kalori dan kaya nutrisi. Setiap 100 gram tempe mengandung sekitar 193 kalori, jauh lebih sedikit daripada daging dan makanan olahan lainnya.

Tempe juga mengandung protein nabati yang baik, yang penting untuk membangun dan memperbaiki jaringan tubuh. Setiap 100 gram tempe mengandung sekitar 20 gram protein.

Nggak hanya rendah kalori dan kaya protein, tempe juga kaya serat pangan yang tinggi. Serat pangan sangat penting untuk menjaga pencernaan sehat, meningkatkan kesehatan jantung, dan mengurangi risiko diabetes. Setiap 100 gram tempe mengandung sekitar 5 gram serat.

Tempe juga rendah lemak jenuh dan mengandung lemak tidak jenuh tunggal yang baik untuk kesehatan jantung. Lemak jenuh dalam makanan hewani dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke. Selain itu, tempe juga mengandung vitamin dan mineral yang penting untuk kesehatan, seperti vitamin B12, zat besi, kalsium, dan magnesium.

Tempe bisa menjadi makanan diet yang menyehatkan. (Photodiac)
Tempe bisa menjadi makanan diet yang menyehatkan. (Photodiac)

Namun, perlu diingat bahwa tempe yang diolah dengan cara yang salah atau dicampur dengan bahan-bahan yang nggak sehat, seperti garam berlebih, minyak goreng, atau bahan pengawet, dapat mengurangi manfaat kesehatan dari makanan tersebut.

Karena itu, pastikan untuk memilih tempe yang sehat dan diproses dengan benar, serta mengonsumsinya dalam porsi yang tepat untuk mendapatkan manfaat kesehatan yang maksimal.

Selain itu, tempe juga dapat diolah menjadi berbagai macam makanan yang sehat dan lezat, seperti tumis tempe, tempe goreng, atau tempe mendoan. Jangan mengolah tempe dengan cara yang salah atau menggunakan bahan-bahan yang nggak sehat ya.

Jika kamu pengin menjaga kesehatan dan mendapatkan manfaat kesehatan dari tempe, disarankan untuk mengonsumsinya secara teratur, tetapi dalam porsi yang sesuai dengan kebutuhan tubuh.

Konsultasikan dengan ahli gizi atau dokter kalau kamu memiliki kondisi kesehatan tertentu atau jika ingin mengetahui lebih lanjut tentang diet yang sehat.

Intinya, tempe adalah makanan yang baik untuk diet karena rendah kalori, kaya nutrisi, dan mengandung serat pangan yang tinggi. Namun, perlu diingat untuk memilih tempe yang sehat dan diproses dengan benar serta mengonsumsinya dalam porsi yang tepat untuk mendapatkan manfaat kesehatan yang maksimal.

Jadi, jangan remehkan makanan khas Indonesia yang satu ini ya, Millens. (Siti Zumrokhatun/E05)

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

A Group Partner of:

medcom.idmetrotvnews.commediaindonesia.comlampost.co
Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved