BerandaHits
Rabu, 9 Jan 2024 17:00

Yoichi Takahashi Pensiun, Bagaimana Nasib 'Captain Tsubasa'?

Yoichi Takahashi, kreator Captain Tsubasa memutuskan pensiun. (Gamerfocus/AFP-Jiji)

Kreator Captain Tsubasa, Yoichi Takahashi memutuskan untuk pensiun. Lantas, gimana kelanjutan nasib manga legendaris ini ke depan?

Inibaru.id – Setara dengan Doraemon yang manga dan animenya melegenda hingga seantero dunia, Captain Tsubasa juga menjadi salah satu karya bergenre sport kenamaan yang namanya sulit dilupakan. Sayangnya, sang kreator Yoichi Takahashi baru-baru ini mengatakan bakal bakal gantung pena.

Mendekati usia ke-64, tahun ini Takahashi menegaskan bahwa dirinya hanya akan menyelesaikan dua seri terakhir, yakni "Captain Tsubasa: Rising Sun" dan "Captain Tsubasa: Memories", yang direncanakan bakal berakhir pada April mendatang.

Eits, tapi kamu nggak perlu bersedih, karena keputusan Takahashi ini nggak lantas menandakan akhir dari Captain Tsubasa. Lelaki kelahiran 28 Juli 1960 itu memastikan telah ada kreator lain yang akan meneruskannya. Dia juga bakal terus memantau sekenario dari para kreator tersebut nantinya.

Takahashi mengungkapkan, salah satu alasan kenapa dirinya memutuskan untuk pensiun adalah karena kondisi kesehatannya mulai menurun belakangan ini. Kendati mengaku masih merasa sehat, nggak dimungkiri bahwa fisiknya mulai tergerus usia.

Dunia Kreatif yang Berubah

Captain Tsubasa mendunia dan menginspirasi banyak pemain sepak bola profesional, termasuk Andres Iniesta. (FB/Viva Barca)

Dikutip dari Comicbook, Yoichi Takahashi mengatakan, kondisi fisik yang menurun karena usia membuatnya nggak bisa lagi menggambar dengan cepat. Selain itu, penglihatan yang memburuk juga menjadikannya sulit fokus dalam menggambar.

"Lebih dari itu, aku merasa ada perubahan dalam dunia kreatif yang membuatku merasa inilah saatnya untuk pensiun," jelas lelaki yang telah 43 tahun menggarap Captain Tsubasa tersebut. “Dunia manga bergeser ke seni digital dan sulit bagiku yang sudah berumur mengikutinya."

Kini, kreator andal ini telah memutuskan meletakkan mahkota yang telah disandangnya sejak 1981, meninggalkan karakter manga yang telah terjual setidaknya 90 juta kopi hingga menjadikannya sebagai manga bertema olahraga paling laris sepanjang masa.

Sejak dirilis perdana pada 1981, Captain Tsubasa segera populer dan kian terkenal setelah jadi anime dan ditayangkan di TV Tokyo pada 1983. Nggak hanya di Jepang, anime Captain Tsubasa juga tayang di sejumlah negara di Asia, Amerika Latin, Eropa, hingga AS.

Nggak hanya tontonan, karakter Captain Tsubasa bahkan telah menjadi inspirasi bagi para pebola profesional, di antaranya Alexis Sanchez, Andres Iniesta, Hidetoshi Nakata, Fernando Torres, Zinedine Zidane, hingga Alessandro Del Piero.

Selamat pensiun, Yoicu Takahashi! Terima kasih karena sudah menciptakan Captain Tsubasa yang menemani masa kecil kami! (Arie Widodo/E03)

Tags:

ARTIKEL TERKAIT