BerandaHits
Rabu, 8 Okt 2024 11:00

Cek Aplikasi Paling Boros Kuota di Ponselmu!

Sejumlah aplikasi boros kuota internet. (Indihome)

Pernahkah kamu bertanya-tanya aplikasi apa yang bikin kamu boros kuota setiap hari? Simak baik-baik yuk data berikut ini!

Inibaru.id – Ponsel pintar zaman sekarang dijejali beragam aplikasi yang bisa dipakai untuk keperluan sehari-hari. Dampaknya, penggunaan kuota internet pun jadi lebih banyak dari sebelumnya. Padahal, biaya kuota internet untuk ponsel nggak murah.

Nah, kalau kamu pengin ngirit kuota, bisa lo mengecek aplikasi-aplikasi boros kuota di ponselmu. Dengan menonaktifkan atau nggak lagi memakai aplikasi-aplikasi tersebut, kamu bisa hemat kuota. Lantas, aplikasi mana yang menyandang ‘gelar’ terboros dan bisa dipertimbangkan untuk nggak sering-sering dipakai?

Kalau menurut laporan yang dikeluarkan Holafly, YouTube adalah aplikasi paling boros kuota di ponselmu. Wajar karena aplikasi ini berbasis video gerak yang tentu menghabiskan internet cukup besar. Saking besarnya, kalau kamu streaming-an YouTube selama 5 menit saja, bisa menghabiskan data sampai 193 MB!

Setelah YouTube, ada beberapa aplikasi lain yang juga bisa menghabiskan kuota dalam jumlah banyak selama 5 menit digunakan, yaitu Disney+ yang menyedot kuota 150 MB, Prime Video yang memakan 97 MB, dan Netflix sebanyak 53 MB.

YouTube jadi aplikasi paling boros kuota. (kapanlagi)

Lantas, bagaimana dengan aplikasi-aplikasi media sosial populer seperti TikTok, Instagram, dan X alias Twiter? Kalau menurut laporan Holafly, selama 5 menit kamu mainan TikTok, kuotamu bakal habis 79 MB. Sementara itu, bermain 5 menit Instagram sudah mampu membuat kuotamu berkurang 69 MB. Di sisi lain, pengguna Twitter mampu menghabiskan 50 MB untuk 5 menit dan Facebook menghabiskan kuota sebanya 65 MB.

Aplikasi-aplikasi untuk kebutuhan informasi atau belajar seperti Google Maps, DuoLingo, dan Pinterest juga bisa memakan kuota internet ponselmu dalam jumlah cukup besar, lo. Google Maps menghabiskan kuota 87 MB setiap dipakai 5 menit. Sementara itu, DuoLingo bakal terus memakan kuota internetmu selama 5 menit sebanyak 87 MB. Di sisi lain, Pinterest memakan 85 MB dalam kurun waktu tersebut.

Yang menarik, kalau kamu memakai Spotify untuk mendendangkan lagu, hanya akan menghabiskan 7 MB saja setiap 5 menit. Sementara itu, pemakaian WhatsApp selama 5 menit juga bakal membuatmu hanya kehilangan 9 MB kuota.

Setidaknya kita sudah tahu ya situs apa saja yang boros kuota di ponsel. Bijak-bijak menggunakannya agar nggak cepat habis ya, Millens! (Arie Widodo/E10)

Tags:

ARTIKEL TERKAIT