inibaru indonesia logo
Beranda
Hits
Amankah Anak-Anak Minum Kopi?
Sabtu, 22 Okt 2022 15:56
Bagikan:
Anak-anak di bawah usia 12 tahun nggak boleh minum kopi, teh, soda, dan minuman berenergi yang mengandung kafein. (Shutterstock)

Anak-anak di bawah usia 12 tahun nggak boleh minum kopi, teh, soda, dan minuman berenergi yang mengandung kafein. (Shutterstock)

Sekarang begitu banyak varian rasa kopi yang dijual di mana-mana. Hal itu terkadang membuat anak-anak ingin mencoba merasakan segelas kopi. Tapi, sebenarnya amankah anak-anak minum kopi?

Inibaru.id - Kamu mempunyai anak kecil atau adik yang selalu kepo pengin mencecap rasa kopimu? Lantas, apakah kamu mengizinkan dia minum kopi walau sedikit, Millens?

Sebenarnya, bolehkah anak minum segelas kopi yang mengandung kafein itu? Jika kamu masih bingung, artikel ini siapa tahu bisa memberikanmu sedikit pencerahan.

American Academy of Pediatrics mengatakan anak-anak di bawah usia 12 tahun nggak boleh minum kopi, teh, soda, dan minuman berenergi yang mengandung kafein. Terlalu banyak merasakan kafein bisa menyebabkan peningkatan denyut jantung dan tekanan darah; berkontribusi terhadap refluks asam; dan menyebabkan kecemasan dan gangguan tidur.

Sementara untuk remaja antara usia 12 dan 18 tahun harus membatasi asupan kopi hingga kurang dari 100 miligram per hari. Nggak hanya itu, remaja juga sebaiknya menghindari minuman berenergi, teh, dan minuman soda.

Menurut penyelidikan Consumer Reports, dalam sebotol minuman berenergi mengandung hampir 250 miligram kafein tergantung pada mereknya. Sementara secangkir teh mengandung hingga 47 miligram sementara soda diet mengandung 46 miligram kafein.

Departemen Pertanian Amerika Serikat menambahkan, cokelat juga mengandung kafein, jumlahnya meningkat saat cokelat menjadi lebih gelap warnanya. Segenggam biji kopi berlapis cokelat juga dapat mengandung 336 miligram kafein.

Batasan konsumsi kafein didasarkan pada ukuran tubuh. Batas tersebut meningkat seiring bertambahnya usia. (Istockphoto)
Batasan konsumsi kafein didasarkan pada ukuran tubuh. Batas tersebut meningkat seiring bertambahnya usia. (Istockphoto)

Nah, sudah tahu apa yang bakal kamu lakukan jika ada anak kecil meminta minum kopi, kan? Ya, tentu saja sebisa mungkin kamu nggak memberikannya kopi. Lalu bagaimana jika seorang anak terlanjur merasa membutuhkan kafein?

“Kafein adalah stimulan yang meningkatkan kewaspadaan. Jika anak Anda merasa dia membutuhkan kafein untuk menjalani hari, lebih baik bertanya dengan dokter anak untuk mengidentifikasi akar penyebab dari apa yang menyebabkan kelelahan," kata dokter anak Dr. Mark Corkins, ketua komite nutrisi untuk American Academy of Pediatrics, seperti dikutip dari CNN, Jumat (14/10).

Ingatlah, dalam dosis yang sangat tinggi, kafein bisa berbahaya. Batasan konsumsi kafein didasarkan pada ukuran tubuh.

Batas tersebut meningkat ketika seorang anak telah tumbuh besar sehingga dapat memetabolisme kafein dengan lebih mudah. (Siti Khatijah/E05)

Artikel ini telah terbit di Media Indonesia dengan judul Berapa Batas Usia Minimal Anak Minum Kopi?

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved