inibaru indonesia logo
Beranda
Hits
Puasa Makan Cokelat biar Jerawat Nggak Tambah Gawat
Rabu, 22 Mar 2023 23:05
Bagikan:
Makanan tinggi gula seperti cokelat dapat memicu produksi sebum yang bisa memperparah jerawat. (Pexels/Annet Lusina)

Makanan tinggi gula seperti cokelat dapat memicu produksi sebum yang bisa memperparah jerawat. (Pexels/Annet Lusina)

Salah satu makanan yang bikin jerawat makin parah adalah cokelat. Sebabnya, makanan ini tinggi gula sehingga memicu produksi sebum berlebih dan peradangan pada kulit.

Inibaru.id - Jerawat seringkali dipicu oleh peradangan pada kulit yang disebabkan oleh berbagai faktor seperti produksi sebum yang berlebihan, bakteri, dan peradangan kulit. Makanan nggak secara langsung menyebabkan jerawat, namun beberapa makanan dapat memicu atau memperparah kondisi kulit yang sedang berjerawat.

Makanan yang mengandung gula dan susu, seperti cokelat, dapat memicu produksi sebum yang berlebihan dan peradangan pada kulit. Karena itu, sebaiknya kamu menghindari makanan yang mengandung gula dan susu ketika sedang mengalami jerawat.

Namun demikian, nggak semua orang bereaksi sama terhadap makanan tertentu, termasuk cokelat. Beberapa orang mungkin nggak mengalami masalah kulit ketika makan cokelat. Oleh karena itu, jika kamu ingin makan cokelat saat sedang berjerawat, sebaiknya perhatikan reaksi kulitmu setelah makan cokelat.

Jika kamu melihat jerawat semakin parah atau kulit terasa lebih berminyak setelah makan cokelat, sebaiknya hindari makanan tersebut untuk sementara waktu dan fokus pada makanan yang lebih sehat untuk membantu merawat jerawat.

Lalu apa makanan yang baik dimakan ketika berjerawat?

Kamu bisa mengonsumsi makanan tertentu untuk mengurangi jerawat. (Getty Images/iStockphoto/NataBene)
Kamu bisa mengonsumsi makanan tertentu untuk mengurangi jerawat. (Getty Images/iStockphoto/NataBene)

Beberapa makanan yang dapat membantu mengurangi jerawat dan mendukung kesehatan kulit adalah:

1. Makanan yang kaya akan antioksidan, seperti buah dan sayuran. Antioksidan membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas yang dapat menyebabkan inflamasi dan kerusakan sel.

2. Makanan yang kaya akan omega-3, seperti ikan berlemak, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Omega-3 membantu mengurangi inflamasi pada kulit.

3. Makanan yang mengandung probiotik, seperti yogurt dan kimchi. Probiotik membantu menjaga keseimbangan bakteri baik di dalam tubuh dan mengurangi risiko inflamasi.

4. Makanan kaya serat, seperti biji-bijian, sayuran hijau, dan buah-buahan. Serat membantu menjaga sistem pencernaan sehat dan membantu menghilangkan racun dari tubuh.

5. Makanan yang mengandung vitamin A, seperti wortel, ubi jalar, dan sayuran hijau. Vitamin A membantu menjaga kesehatan kulit dan mengurangi produksi minyak berlebih di kulit.

6. Makanan yang mengandung zinc, seperti kacang-kacangan, biji-bijian, dan daging tanpa lemak. Zinc membantu mengurangi inflamasi dan mempercepat penyembuhan kulit.

Namun, perlu diingat bahwa makanan bukanlah satu-satunya faktor yang mempengaruhi jerawat di wajahmu. Perawatan kulit yang tepat, seperti menjaga kebersihan kulit, menghindari penggunaan produk kosmetik yang menyebabkan iritasi, dan menjaga kulit terhidrasi juga sangat penting dalam mengatasi jerawat. (Siti Zumrokhatun/E05)

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved