inibaru indonesia logo
Beranda
Hits
Selain Sedap Disantap, Pepaya Bisa Mengatasi Jerawat
Kamis, 9 Mar 2023 15:56
Penulis:
Siti Zumrokhatun
Siti Zumrokhatun
Bagikan:
Pepaya cukup ampuh mengatasi jerawat. (via Liputan6)

Pepaya cukup ampuh mengatasi jerawat. (via Liputan6)

Bertekstur empuk dan lezat, pepaya menjadi salah satu buah favorit yang mudah didapat. Selain itu, beberapa kandungan dalam pepaya bermanfaat untuk mengatasi jerawat.

Inibaru.id – Manfaat buah pepaya untuk perawatan kulit wajah, khususnya dalam mengatasi jerawat, telah banyak diakui. Karena itu, nggak heran jika banyak produk perawatan wajah menggunakan pepaya sebagai bahan dasarnya.

Pepaya yang memiliki rasa manis dan tekstur lunak, kaya akan antioksidan, vitamin, dan enzim papain yang bermanfaat untuk mengatasi berbagai masalah kulit seperti keriput, noda hitam, kulit kering, eksfoliasi kulit, dan jerawat.

Kandungan nutrisi yang terdapat pada buah pepaya, terutama enzim papain, memiliki kemampuan untuk mengelupaskan sel-sel kulit mati, melawan radikal bebas pada kulit, dan membantu mengatasi jerawat.

Melansir Longevity, berikut manfaat pepaya dalam merawat kulit hingga mengatasi jerawat.

1.       Mengatasi peradangan

Enzim papain yang terdapat pada pepaya hijau (setengah matang) memiliki sifat antiinflamasi pada kulit dan dapat membantu mengatasi peradangan, termasuk jerawat lo.

Selain itu, enzim papain juga dapat berfungsi sebagai eksfoliator untuk menghilangkan sel-sel kulit mati dari permukaan kulit dan melindungi sel-sel kulit yang sehat.

Dengan bantuan enzim papain, proses regenerasi sel kulit akan dioptimalkan sehingga kulit menjadi lebih bercahaya.

2.       Menangkal radikal bebas

Vitamin dan antioksidan dapat melawan radikal bebas. (Glowing via Okezone)
Vitamin dan antioksidan dapat melawan radikal bebas. (Glowing via Okezone)

Kandungan vitamin dan antioksidan pada pepaya memiliki kemampuan untuk melawan radikal bebas. O ya, antioksidan pada pepaya juga dapat membantu menetralkan peradangan pada kulit dan mempercepat proses penyembuhannya.

Kandungan antioksidan tersebut juga berfungsi melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas pada masa depan, seperti mencegah kulit menjadi berminyak atau terkena jerawat.

3.       Merangsang pembentukan kolagen

Pepaya mengandung senyawa flavonoid yang dapat merangsang produksi kolagen saat digunakan sebagai perawatan kulit wajah. Asal kamu tahu, kolagen memiliki peran penting dalam mengencangkan kulit setelah peradangan atau jerawat membaik. Selain itu, penggunaan rutin pepaya sebagai perawatan wajah juga dapat mencegah penuaan dini pada kulit.

Cara Menggunakan

Menggunakan buah pepaya untuk merawat wajah berjerawat nggak sulit lo. Berikut ini caranya:

- Siapkan buah pepaya yang sudah matang. Potong buah pepaya menjadi beberapa bagian dan buang bijinya.

- Haluskan pepaya dengan blender atau hancurkan dengan garpu sampai halus.

- Setelah itu, aplikasikan pepaya yang telah dihaluskan ke seluruh wajah. Biarkan selama 15-20 menit.

- Setelah 20 menit, bilas wajah dengan air bersih dan keringkan dengan handuk bersih.

Kamu dapat melakukan perawatan ini 1-2 kali seminggu. Eits biar dobel manfaatnya, melansir Bebeautiful, kamu bisa menambahkan madu. Namun, jika terdapat reaksi alergi, segera hentikan penggunaan dan konsultasikan dengan dokter kulit.

Ternyata selain sedap disantap, buah ini ampuh untuk membasmi jerawat di wajah ya, Millens? (Siti Zumrokhatun/E07)

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved