inibaru indonesia logo
Beranda
Hits
Jeriken, Wadah yang Ditemukan untuk Memenuhi Keinginan Hitler
Sabtu, 1 Jun 2024 21:28
Penulis:
Siti Zumrokhatun
Siti Zumrokhatun
Bagikan:
Jeriken, wadah tang awalnya untuk memenuhi logistik Perang Dunia II. (Kompas/Zintan Prihatini)

Jeriken, wadah tang awalnya untuk memenuhi logistik Perang Dunia II. (Kompas/Zintan Prihatini)

Hingga hari ini, jeriken tetap menjadi alat penting. Ia adalah cermin kejeniusan desain industri yang muncul dari masa-masa sulit. Kamu mungkin nggak akan menyangka bhwa di bawah arahan Hitlerlah benda ini tercipta.

Inibaru.id - Jeriken, atau "jerrycan," adalah salah satu inovasi paling ikonik dari era Perang Dunia II. Tahukah kamu bahwa wadah ini diciptakan untuk memenuhi kebutuhan logistik militer yang dihadapi oleh Jerman Nazi di bawah kepemimpinan Adolf Hitler?

Keinginan Hitler untuk memiliki pasukan yang bergerak cepat dan efisien di medan perang memerlukan solusi logistik yang tepat, dan jeriken menjadi salah satu jawabannya.

Kisah ini bermula pada akhir 1930-an, ketika Hitler mengarahkan militer Jerman untuk mempersiapkan invasi besar-besaran ke Eropa. Ini memerlukan pasukan yang bisa bergerak dengan cepat dan efektif, yang berarti kendaraan militer harus selalu siap dan berfungsi penuh.

Nah, salah satu tantangan terbesar dalam operasi militer ini adalah memastikan pasokan bahan bakar yang stabil dan andal di medan perang.

Untuk memenuhi kebutuhan ini, insinyur Jerman, Vinzenz Grünvogel, merancang wadah yang kemudian dikenal sebagai "Wehrmacht-Einheitskanister" atau "wadah standar Wehrmacht." Jeriken ini dirancang pada tahun 1937 dengan beberapa fitur inovatif yang membuatnya sangat efisien dan praktis:

- Bentuk Ergonomis: Desain segi empat memungkinkan jeriken ditumpuk dengan rapi dan stabil, menghemat ruang dan memudahkan transportasi.

- Pegangan Tiga: Pegangan yang terdiri dari tiga bagian memungkinkan satu atau dua orang mengangkat dan membawa jeriken dengan mudah, bahkan saat penuh.

- Bahan Kuat: Terbuat dari baja yang dilapisi untuk ketahanan terhadap korosi dan kerusakan, memastikan wadah ini bisa bertahan dalam kondisi medan perang yang keras.

- Sistem Ventilasi: Sistem ventilasi internal yang cerdas memungkinkan aliran cairan yang cepat dan mengurangi risiko tumpahan atau kebocoran.

Diadopsi Sekutu

Wehrmacht-Einheitskanister. (via Wikipedia)
Wehrmacht-Einheitskanister. (via Wikipedia)

Ketika perang berlangsung, Sekutu menyadari keunggulan desain jeriken Jerman ini. Dalam banyak kasus, pasukan Sekutu yang berhasil menangkap jeriken dari pasukan Jerman kemudian menyalin desainnya untuk digunakan sendiri. Desain yang efisien ini membantu meningkatkan efektivitas logistik bahan bakar di medan perang, memberikan keunggulan tambahan bagi Sekutu.

Setelah perang, desain jeriken nggak hanya bertahan tetapi juga diadopsi secara luas di seluruh dunia. Penggunaan jeriken meluas dari keperluan militer ke berbagai aplikasi sipil, seperti penyimpanan dan transportasi bahan bakar, air, dan cairan lainnya.

Jeriken menjadi simbol dari inovasi praktis yang lahir dari kebutuhan mendesak masa perang, tetapi terus relevan dan bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari.

Jeriken, meskipun awalnya ditemukan untuk memenuhi kebutuhan militer di bawah arahan Adolf Hitler, telah membuktikan dirinya sebagai inovasi yang bertahan lama. Desainnya yang sederhana namun efektif menunjukkan bagaimana kebutuhan mendesak dapat memicu terobosan teknologi yang memiliki dampak jangka panjang. Betewe, di rumah kamu punya jeriken nggak, Millens? (Siti Zumrokhatun/E05)

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved