inibaru indonesia logo
Beranda
Hits
Sejarah Jam Tangan Kronograf yang Modis dan Futuristik
Jumat, 10 Mei 2024 11:19
Penulis:
Siti Khatijah
Siti Khatijah
Bagikan:
Jam tangan kronograf merupakan jam tangan yang dilengkapi fitur pencatatan atau pengukuran waktu. (Shutterstock)

Jam tangan kronograf merupakan jam tangan yang dilengkapi fitur pencatatan atau pengukuran waktu. (Shutterstock)

Jam tangan kronograf memiliki desain yang menarik. Selain modis, jam tangan kronograf memberikan kesan sporty, maskulin, dan modern bagi penggunanya. Lantas, bagaimana sejarah jam tangan kronograf ini, ya?

Inibaru.id - Kamu punya jam tangan yang selalu menemani di setiap aktivitas, Millens? Jika iya, coba tengoklah apa di arlojimu itu ada fitur kronograf atau chronograph? Jam tangan yang dilengkapi dengan fitur kronograf sering disebut dengan jam krono.

Apa yang dimaksud dengan jam krono? Itu adalah jam yang dilengkapi dengan fitur mengukur waktu secara akurat yang memiliki tiga sub-dial kecil, digunakan untuk mengukur detik, menit, dan jam. Detik dan menit biasanya terletak pada sub-dial yang terpisah, sedangkan sub-dial untuk jam terletak di tengah-tengah.

Kamu sebagai pengguna dapat memulai, menghentikan, dan mengatur kembali krono pada jam tangan menggunakan tombol yang terletak di sekitar jam tangan krono. Hm, sekilas fungsinya mirip dengan stopwatch, ya?

Selain berfungsi sebagai stopwatch, jam krono biasanya dilengkapi dengan tachymeter. Fitur ini digunakan untuk mengukur kecepatan rata-rata dalam satu jam. Cara kerjanya adalah dengan mengukur waktu yang diperlukan untuk menempuh jarak tertentu, dan kemudian menghitung kecepatan rata-rata dalam satu jam. Fitur tachymeter sangat berguna untuk para olahragawan dan penggemar mobil balap.

Sejarah Jam Tangan Kronograf

Arloji krono memiliki desain yang futuristik dan memberikan kesan sporty dan maskulin. (Istimewa)
Arloji krono memiliki desain yang futuristik dan memberikan kesan sporty dan maskulin. (Istimewa)

Arloji krono memiliki banyak penggemar. Nggak heran, hampir setiap jenama jam tangan terkenal memiliki model jam tangan jenis ini. Tapi, tidakkah kamu penasaran, perusahaan jam tangan mana yang kali pertama mengeluarkan jam tangan krono?

Sebelum ada jam tangan krono, kronograf kali pertama dibuat tahun 1816 oleh watchmaker Louis Moinet dalam bentuk jam saku. Sedangkan istilah "chronograph" baru dipakai oleh watchmaker Perancis bernama Nicolas Rieussec pada 1921 sebagai nama untuk alat pencatat waktu yang diciptakannya yang berbentuk seperti jam meja. Pada saat itu chronograph banyak digunakan untuk mencatat durasi waktu pada lomba balap kuda.

Sedangkan pada jam tangan, kronograf kali pertama hadir pada tahun 1913 lewat jam tangan Longines Monopusher. Breitling lalu membuat jam tangan krono dengan dua pusher pada 1915. Keduanya menggunakan mesin mechanical manual winding chronograph.

Pada 1969 di Swiss terjadi perlombaan pengembangan mesin automatic chronograph pertama di dunia yang melibatkan Zenith dan konsorsium Chronomatic (Project99) yang terdiri dari merek Heuer, Buren, Dubois Dépraz dan Breitling.

Di saat jenama-jenama tersebut berlomba menciptakan dan memamerkan prototipe mesin jam tangan automatic chronograph pertama di dunia, diam-diam di Jepang Seiko mencuri start merilis jam tangan automatic chronograph lewat Speedtimer 6139. Sehingga, sejarah mencatat jam tangan krono otomatis pertama di dunia yang dirilis ke pasaran ialah Seiko.

Begitulah sejarah jam tangan krono, Millens. Kalau kamu penyuka arloji, setidaknya harus punya satu jam tangan jenis ini, ya! Sebab, selain berguna untuk perhitungan durasi waktu, jam tangan krono memiliki desain yang mewah, rumit, dan futuristik. (Siti Khatijah/E07)

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

A Group Partner of:

medcom.idmetrotvnews.commediaindonesia.comlampost.co
Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved