inibaru indonesia logo
Beranda
Adventurial
Pemandangan Puncak Suroloyo, Kahyangan Tempat Para Dewa Bersemayam
Kamis, 9 Mei 2024 09:05
Penulis:
Arie Widodo
Arie Widodo
Bagikan:
Puncak Suroloyo ada di perbatasan Jateng dan DIY. (Geoparkjogja)

Puncak Suroloyo ada di perbatasan Jateng dan DIY. (Geoparkjogja)

Menurut kepercayaan warga setempat, Puncak Suroloyo adalah 'pusat dari empat penjuru Tanah Jawa' dan tempat tinggal para dewa. Oleh karena itulah, pemandangannya sangat cantik.

Inibaru.id – Pengin melihat Candi Borobudur dari sisi yang berbeda? Cobain deh datang ke Puncak Suroloyo. Meski lokasinya cukup jauh dari candi tersebut, kamu bisa melihat Borobudur dari kejauhan di tengah hijaunya perbukitan. Jika cuacanya sedang bagus, kamu bisa mengambil foto candi Buddha terbesar di dunia tersebut dengan latar matahari terbit yang cantik.

Lokasi Puncak Suroloyo ada di perbatasan Provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta, tepatnya di Dusun Keceme, Desa Gerbosari, Kapanewon Samigaluh, Kulon Progo, DIY. Kalau dari Candi Borobudur, kamu harus melalui jalan sedikit memutar dan berkelok-kelok sehingga jaraknya sekitar 22 kilometer. Kalau dari pusat kota Yogyakarta, jaraknya lebih jauh, yaitu sekitar 48 kilometer.

Menurut kepercayaan masyarakat setempat, Puncak Suroloyo dengan ketinggian 1.017 meter di atas permukaan laut (mdpl) ini adalah kiblat pancering bumi alias pusat dari empat penjuru bumi di Tanah Jawa. Warga bahkan yakin jika lokasi ini adalah titik di mana garis imajiner yang ditarik dari utara ke selatan dan timur ke barat Jawa bertemu.

Lebih dari itu, menurut kepercayaan umat Hindu, Puncak Suroloyo adalah kahyangan tempat para dewa bersemayam. Apalagi di sana ada Sendang Simbarjoyo yang dikeramatkan karena jadi sumber penghidupan warga setempat, Millens.

O ya, untuk mencapai Puncak Suroloyo, kamu harus berjuang mendaki sekitar 300 anak tangga, ya? Dibutuhkan waktu kurang lebih 15-20 menit untuk melakukannya. Pastikan juga fisikmu cukup prima karena jika kondisimu kurang fit, bisa jadi di tengah jalan kehabisan napas.

Puncak Suroloyo ada di ketinggian 1.017 mdpl. (Dinpar.kulonprogokab)
Puncak Suroloyo ada di ketinggian 1.017 mdpl. (Dinpar.kulonprogokab)

Tapi, jika mampu mencapai Puncak Suroloyo, segala lelah akan terbayarkan dengan pemandangan menakjubkan. Selain Candi Borobudur yang bisa dilihat dari kejauhan, kamu bisa melihat Gunung Merbabu dan Merapi di sisi timur, serta Sindoro dan Sumbing di sisi utara.

Satu hal yang pasti, kamu lebih disarankan untuk mendaki Puncak Suroloyo demi berburu matahari terbit atau matahari terbenam. Artinya, usahakan untuk mencapai puncaknya sebelum pukul 05.30 WIB atau 17.00 WIB untuk mendapatkan pemandangan terbaik.

Untungnya, kamu nggak perlu melakukan perjalanan pada dini hari dari Magelang atau Yogyakarta. Sudah ada banyak penginapan nggak jauh dari kaki Puncak Suroloyo yang bisa kamu jadikan tempat beristirahat dan menyimpan tenaga sebelum melakukan pendakian pada waktu subuh.

Jangan lupa juga untuk menyiapkan uang tiket masuk Puncak Suroloyo sebesar Rp6 ribu per orang. Ada biaya parkir juga kalau kamu membawa kendaraan bermotor. Untuk sepeda motor, tarifnya Rp2 ribu. Sementara itu, tarif parkir kendaraan roda empat adalah Rp5 ribu.

Gimana, tertarik menyambangi kahyangan tempat tinggal para dewa sembari melihat pemandangan menakjubkan di Puncak Suroloyo, Millens? Yuk kapan kita ke sana! (Arie Widodo/E10)

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

A Group Partner of:

medcom.idmetrotvnews.commediaindonesia.comlampost.co
Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved