inibaru indonesia logo
Beranda
Hits
Menakar Kesiapan Menikah, Gunakan 5 Tolok Ukur Ini
Selasa, 8 Nov 2022 16:48
Penulis:
Kharisma Ghana Tawakal
Kharisma Ghana Tawakal
Bagikan:
Ketika menikah, tentu saja sudah siap secara mental maupun finansial. (Instagram/Hanung Kusuma)

Ketika menikah, tentu saja sudah siap secara mental maupun finansial. (Instagram/Hanung Kusuma)

Jangan menikah hanya karena sering dikejar pertanyaan "kapan nikah". Ada banyak yang harus kamu persiapkan sebelum melakukannya. Berikut adalah berbagai hal yang harus disiapkan tersebut.

Inibaru.id – Menikah merupakan salah satu keputusan besar dalam kehidupan seseorang. Menikah juga bukan soal lomba adu cepat untuk melakukannya. Maklum, di balik banyak kebahagiaan yang mengiringi, tanggung jawab besar di dalam pernikahan juga sudah menanti.

Dunia pernikahan itu nggak mudah, Millens. Bahkan, banyak senior yang menyebut cinta saja nggak bakal cukup. Oleh karena itulah, sebelum melakukannya, kamu harus benar-benar menyiapkan diri sebaik mungkin.

Sebelum menggelar acara menikah, ada baiknya kamu mengukur kesiapan diri kamu. Kesiapan-kesiapan ini dijabarkan oleh Siap Nikah (7/11/2022). Apa saja, ya?

Siap Usia

Menurut Undang-undang Nomor 1 Tahun 1974, salah satu syarat untuk melangsungkan pernikahan adalah mempelai berusia di atas 21 tahun. Sebelum mencapai usia tersebut, mempelai harus mendapat izin kedua orang tua.

Usia tersebut dianggap sudah cukup dewasa dan siap untuk menjalankan kehidupan rumah tangga., termasuk memiliki anak.

Siap Mental

Menikah itu nggak mudah, persiapan mental harus benar-benar diperhatikan. (Freepik/8photo)
Menikah itu nggak mudah, persiapan mental harus benar-benar diperhatikan. (Freepik/8photo)

Kehidupan pacaran dan pernikahan itu sangat berbeda, lo. Ketika menikah, kamu harus benar-benar kuat secara mental. Soalnya, ada banyak masalah yang bakal datang silih berganti. Terkadang, roda kehidupan juga nggak sesuai dengan harapan.

Kalau mentalmu belum siap dan masih sulit untuk mengontrol emosi, tentu saja pernikahanmu bakal sering dilanda pertengkaran. Salah-salah, malah berakhir dengan kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) atau bahkan perceraian. Kamu nggak pengin kan hal ini terjadi?

Siap Fisik

Selain kesiapan mental, fisik kamu juga harus disiapkan. Kerja sama pasangan dalam mencari pendapatan dan mengurus pekerjaan rumah tangga mutlak diperlukan untuk memastikan pernikahan berlangsung dengan baik. Apalagi jika sudah memiliki anak.

Kalau fisikmu kurang kuat, apalagi memiliki penyakit, tentu bakal sulit menjalankan berbagai kewajiban rumah tangga. Jadi, kamu harus menjaga fisikmu sebaik mungkin, ya?

Siap Finansial

Ketika menikah, ada banyak tanggung jawab salah satunya memenuhi kebutuhan rumah tangga. (Freepik)
Ketika menikah, ada banyak tanggung jawab salah satunya memenuhi kebutuhan rumah tangga. (Freepik)

Siap finansial lebih dari sekadar memiliki banyak tabungan. Siap finansial artinya kamu sudah memiliki pendapatan tetap sehingga mandiri dalam hal keuangan. Dengan pendapatan yang pasti, kamu tentu bisa memenuhi berbagai kebutuhan rumah tangga atau kebutuhan mendadak yang sering muncul tiba-tiba.

Memang, pernikahan bisa membuka rezeki. Tapi, kalau kamu nggak menjemputnya, ya tentu saja rezeki tersebut nggak bakal mendatangimu.

Siap Menjadi Orang Tua

Meski kini banyak pasangan yang memilih untuk childfree, masih banyak kok orang tua yang pengin memiliki keturunan. Masalahnya, memiliki anak itu nggak mudah. Meski menyenangkan melihat perkembangan sang buah hati, tanggung jawabnya juga besar. Kamu harus memenuhi kebutuhannya dan memastikannya mengalami tumbuh kembang yang baik.

Itulah lima hal yang bisa kamu jadikan tolok ukur kesiapan kamu untuk menikah. Jika kamu dan pasangan sudah memenuhi semua persyaratan tersebut, nggak perlu ragu lagi deh untuk menikah, Millens. (Fatkha Karinda Putri/E07)

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved