inibaru indonesia logo
Beranda
Kulinary
Umami, Rasa Dasar Kelima dalam Makanan; Sudah Tahu?
Selasa, 25 Apr 2023 08:00
Penulis:
Kharisma Ghana Tawakal
Kharisma Ghana Tawakal
Bagikan:
Kenikmatan menyantap daging sapi ternyata efek dari gurihnya rasa umami. (Hello Sehat)

Kenikmatan menyantap daging sapi ternyata efek dari gurihnya rasa umami. (Hello Sehat)

Jika harus menjelaskan apa itu rasa umami, bagaimana kamu akan menjawabnya, Millens? Umami, rasa dasar kelima dari makanan bukan merupakan perpaduan dari rasa manis, asin, pahit, dan asam. Lantas apa itu definisi umami?

Inibaru.id – Pernah nggak sih kalian sedang memakan sesuatu tapi rasa yang muncul bukan lagi asin, manis, pahit, maupun asam? Bisa jadi yang sedang kamu rasakan adalah umami. Bukan rasa yang berasal dari percampuran keempat rasa dasar, umami merupakan rasa asli yang terkandung pada bahan makanan.

Dikutip dari Nibble (18/10/21), umami berasal dari Bahasa Jepang, artinya gurih yang menyenangkan. Lazimnya, umami adalah sebuah rasa gurih yang dapat dirasakan oleh lidah saat sedang mengonsumsi makanan yang mengandung glutamat, inosinat, dan guanilat.

Makanan yang dapat dirasa sebagai umami adalah sumber makanan yang kandungan proteinnya cukup tinggi. Jadi, saat dikecap, indera perasa menerima sinyal dari otak yang menyimpulkan jika kita sedang memakan makanan dengan protein yang tinggi.

Rasa Baru yang Ditemukan di Jepang

Nori dari rumput laut menjadi salah satu makanan yang mengandung rasa umami. (Ang)
Nori dari rumput laut menjadi salah satu makanan yang mengandung rasa umami. (Ang)

Nah, umami merupakan sebuah rasa baru, yang muncul sekitar 100 tahun lalu. Tepatnya ditemukan pada 1908 oleh Kikunae Ikeda, seorang ilmuwan dari Jepang.

Ikeda menemukan umami saat sedang mencicipi semangkuk sup kaldu rumput laut yang disebut kombu dashi. Dia berhasil mengidentifikasi bahwa rasa gurih sedap ini sangat berbeda dengan empat rasa dasar yang sudah ada.

Dari sinilah istilah umami muncul. Umami berasal dari kata ‘umai’ yang oleh orang Jepang digunakan saat sedang mencicipi rasa makanan yang lezat.

Makanan dengan Rasa Umami

Makanan yang kita santap sehari-hari sebenarnya memiliki rasa umami yang asli tapi mungin saja kamu nggak nggeh ya, Millens? Berikut ini adalah beberapaa bahan makanan yang menyimpan rasa umami dan terasa gurih saat mengenai lidah.

1. Daging Sapi

Daging sapi banyak mengandung glutamat yang tinggi. Menurut Glutamat Association, ada sekitar 10 mg glutamat per 3,5 ons daging sapi. Wah pantas saja, saat kita sedang mengonsumsi daging sapi, lidah nggak tinggal diam dan ingin selalu menguyah, ya!

2. Rumput Laut

Ikeda juga menemukan rasa umami saat sedang mengonsumsi sup rumput laut. Serupa dengan daging sapi, rumput laut juga banyak mengandung glutamat.

Selain memiliki manfaat antioksidan yang menyehatkan, rumput laut yang biasa dimakan dalam bentuk nori memiliki kandungan 550 sampai 1.350 mg tiap 100 gramnya.

3. Makanan Laut

Makanan laut alias sea food juga merupakan makanan yang mengandung kadar glutamat dan inosinat yang amat tinggi. Dagingnya kira-kira bisa mengandung 1 sampai 10 mg glutamat dan 250 sampai 360 mg inosinat.

Rajin mengonsumsi ikan juga banyak manfaatnya bagi kesehatan. Kandungannya seperti kalsium, fosfor, asam lemak omega-3 menjadi alternatif protein tinggi selain daging merah.

Jadi, itulah beberapa makanan yang banyak mengandung rasa umami. Dengan menambahkan bahan-bahan tersebut ke masakan, otomatis hidanganmu akan terasa gurih dan menebarkan aroma yang menggugah selera. (Kharisma Ghana Tawakal/E10)

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved