inibaru indonesia logo
Beranda
Hits
Kelar Sarapan, Bolehkah Membungkus Makanan dari Restoran Hotel?
Selasa, 31 Jan 2023 09:26
Bagikan:
Bolehkah membungkus makanan usai sarapan di hotel? (Pos Kupang)

Bolehkah membungkus makanan usai sarapan di hotel? (Pos Kupang)

Umumnya, tamu hotel bakal memperoleh fasilitas sarapan di restoran hotel. Konsep sarapan di hotel ini biasanya buffet. Tapi, bolehkah tamu hotel membungkus makanan meski sudah sarapan?

Inibaru.id - Ketika kamu menginap di hotel, biasanya mendapat fasilitas sarapan di restoran. Kebanyakan hotel menerapkan konsep buffet alias prasmanan untuk para tamu hotel.

Namanya juga buffet, kamu bisa menikmati berbagai macam makanan atau minuman yang tersedia. Biasanya, satu kamar mendapat jatah untuk sarapan dua orang.

Biar nggak ketinggalan sarapan, kamu harus datang ke restoran hotel pukul 6 – 10 pagi. Kalau lewat dari itu, restoran sudah tutup sehingga kamu sudah nggak bisa sarapan.

Tapi, apa kamu pernah melihat ada tamu hotel yang membungkus makanan meskipun sudah sarapan? Kira-kira hal seperti itu diperbolehkan atau nggak ya?

Hal ini dijelaskan Director of Marketing Communications & PR Hotel Indonesia Kempinski Jakarta, Aulianty Fellina. Kata dia, sebenarnya tamu nggak diizinkan membungkus makanan. Mengapa? Karena konsepnya adalah makan di tempat.

"Kalau buffet restoran, memang aturannya tidak boleh dibungkus makanannya. Kecuali kalau ala carte order, sisa makanan dari ala carte order mau dibungkus dan dibawa pulang ya bisa," jelas Aulianty kepada CNNIndonesia (30/1/2023).

Aulianty menambahkan, seharusnya para tamu hotel sudah paham mengenai aturan ini. Meskipun begitu, dia mengaku masih saja melihat tamu yang sembunyi-sembunyi membungkus makanan dari restoran usai sarapan.

"Kan all you can eat buffet dining. Jadi ya makan di tempat. Begitu," ucapnya.

Sekarang sudah jelas kan konsep sarapan buffet adalah makan di tempat. Tapi, bukan nggak mungkin aturan ini bakal berbeda di hotel lain. Jalan terbaik adalah menanyakan pada staf hotel.

Hal-Hal Seputar Sarapan di Hotel

Pastikan harga kamar sudah termasuk sarapan biar lebih murah. (theviennesgirl via IDN)
Pastikan harga kamar sudah termasuk sarapan biar lebih murah. (theviennesgirl via IDN)

Jika kamu baru kali pertama sarapan di hotel, ada baiknya perhatikan beberapa hal berikut biar bisa memanfaatkan fasilitas ini dengan baik.

1. Harga kamar sudah termasuk sarapan?

Tips penting buat kamu sebelum memesan kamar hotel. Tanyakan juga apakah harga kamar yang kamu pesan sudah termasuk fasilitas sarapan?

Sebagai informasi, harga kamar yang sudah termasuk sarapan dan yang belum itu beda. "Harga yang sudah termasuk sarapan akan lebih murah daripada harga yang hanya mendapat kamar, namun tambah breakfast," jelas Astrin Christina, Corporate Asst. Manager Operations System Santika Group saat ditemui di Melawai, Jakarta, Senin melansir Kompas (27/1/2020).

Jadi, kalau kamu pengin sarapan di hotel, lebih baik pesan kamar yang sudah termasuk sarapan sebab lebih murah.

2. Membayar dengan uang deposit

Kalau kamu membeli kamar yang nggak termasuk dengan harga sarapan, kamu bisa membayar dengan uang deposit. Rata-rata kalau tamu sudah memberi uang deposit di awal, biasanya pihak kotel akan mengambil uang deposit untuk membayar tagihan sarapan.

Namun, jka nggak punya deposit, maka akan ditagihkan ketika sarapan.

3. Sarapan untuk anak-anak

Kalau kamu menginap bersama anak-anak, coba tanyakan apakah bakal dikenakan biaya tambahan. Biasanya hotel memiliki ketentuan umur yang nggak sama. Ada hotel yang menggratiskan sarapan untuk anak 6 tahun ke bawah, atau 8 tahun ke bawah.

“Kalau breakfast anak kecil tergantung kebijakan hotel masing-masing, ada enam tahun ke bawah free ada yang delapan tahun ke bawah free,” papar Astrin. O ya, charge yang dikenakan biasanya sebesar setengah dari harga breakfast orang dewasa.

 4. Sarapan di kamar

Mungkin belum banyak yang tahu jika sarapan di hotel bisa dilakukan di kamar. Pelayanan ini diberikan kepada lansia, penyandang disabilitas, atau jika tamu sedang sakit. Kamu cukup memberitahu petugas kok. Kamu juga nggak perlu khawatir makanan bakal terkena debu selama dalam perjalanan dari restoran menuju ke kamar.

"Kita akan beri wrap (bungkus), karena takutnya di jalan ketemu debu," ujar Astrin. Setelah selesai, kamu bisa menelepon resepsionis agar peralatan dapat diambil.

 5. Memberikan informasi saat check-in

Pastikan kamu memberi tahu pihak hotel kalau pengin membeli paket sarapan tambahan supaya bisa disiapkan.

"Pihak FnB (Food and Beverages) akan mempersiapkan makanan sesuai kapasitas dan prepare buat tamu," kata Astrin.

Demikian informasi seputar sarapan di hotel yang harus kamu tahu. Betewe, gimana nih pengalaman kamu selama sarapan di hotel, Millens? (Siti Zumrokhatun/E07)

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved