Bisa Saja Palsu, Alasan Kita Nggak Boleh Percaya Review Hotel 100 Persen 

Bisa Saja Palsu, Alasan Kita Nggak Boleh Percaya Review Hotel 100 Persen 
Jangan percaya 100 persen pada review hotel. (Shutterstock via Kumparan)

Ketika hendak menginap, banyak orang mencari hotel berdasarkan review. Namun, sebaiknya kamu nggak percaya 100 persen pada review. Bisa saja ulasan tersebut ditulis karena tamu menginginkan diskon. 

Inibaru.id – Agar liburan makin menyenangkan, mencari tahu hotel yang bakal diinapi menjadi sebuah keharusan. Orang biasanya bakal membaca review harga, fasilitas, dan lain-lain. Kalau semuanya oke, kamu tentu nggak ragu untuk datang.

Tapi, sebaiknya kamu nggak langsung 100 persen percaya pada ulasan tersebut ya, Millens? Hm, kira-kira kenapa?

Hal ini karena apa yang dituliskan orang lain bisa saja nggak sesuai. Bahkan bisa saja ada yang palsu., mengatakan bahwa review atau ulasan yang dituliskan oleh orang lain bisa saja tidak sepenuhnya sesuai. Bahkan, beberapa di antaranya mungkin ada saja yang palsu.

"Ini sebagian karena ada begitu banyak cara untuk memalsukannya," kata Advokat hak-hak konsumen asal Jerman, Tatjana Halm seperti dilansir The Star melalui Kumparan, Senin (19/9/2022).

Halm juga memberi contoh, dalam sebuah kasus, beberapa orang bisa saja memberikan rating atau ulasan yang positif demi mendapatkan sebuah diskon. Duh! Berdasarkan penurutan salah seorang staf hotel, akan ada timbal-balik yang diberikan jika para tamu memberikan ulasan baik.

 “Jika Anda memberi saya ulasan yang bagus, saya akan memberi Anda diskon,” ungkapnya.

Lelaki yang juga bekerja di departemen Pasar dan Hukum Bavarian Consumer Advice Center ini juga mengatakan agar para tamu benar-benar cermat atau teliti ketika membaca ulasan dari sebuah hotel. Untuk itu, dia pun membeberkan ada beberapa cara untuk mengidentifikasi apakah ulasan tersebut benar-benar asli atau palsu.

Cara Mengetahui Review Sebuah Hotel

Beberapa tamu bisa saja memberi rating bagus karena menginginkan diskon. (Tribun Jateng/Wahyu Sulistiyawan) 
Beberapa tamu bisa saja memberi rating bagus karena menginginkan diskon. (Tribun Jateng/Wahyu Sulistiyawan) 

Menurut dia, jika sebuah hotel mempunyai ulasan negatif dalam jangka waktu yang lama dan tiba-tiba mendapatkan ulasan bintang lima, maka kamu harus berhati-hati.

"Permasalahannya, cukup rumit untuk menemukan ulasan yang palsu," katanya.

Hal ini mungkin terjadi karena hotel tersebut telah berganti kepemilikan dan meningkatkan pelayanannya.

Dengan demikian, Halm mengimbau para tamu untuk melihat ulasan nggak hanya dari satu tempat saja tapi juga dari media yang lain. Cara paling mudah yang bisa kamu lakukan adalah menelusuri akun sosial media hotel tersebut untuk mengetahui detail lebih jelasnya.

Selain itu, ketika melakukan pencarian, ada baiknya kamu juga memakai filter yang tepat. Kalau kamu mencari hotel berdasarkan bujet, maka kamu harus mengubah filter yang sesuai.

“Hotel seringkali menempati peringkat pertama berdasarkan rekomendasi,” kata Halm.

Hm, suatu ulasan memang belum terbukti asli dan sesuai ya, Millens. Tapi semoga dengan tips di atas kamu bisa memilih hotel terbaik. (Siti Zumrokhatun/E07)