BerandaHits
Minggu, 21 Agu 2022 16:00

Tips Memilih Kursi Kereta Api Agar Perjalananmu Nyaman

Tips Memilih Kursi Kereta Api Agar Perjalananmu Nyaman

Kereta menjadi transportasi publik yang banyak dipilih anak muda untuk travelling. Selain murah, kereta juga nyaman dan bebas macet. (Envato)

Agar perjalanan naik kereta bebas dari gangguan dan nyaman melihat pemandangan, posisi tempat duduk sangatlah penting. Pilihlah nomor kursi yang kiranya bakal memberikan kamu kenyamanan saat menempuh perjalanan naik kereta.

Inibaru.id - Kereta api adalah salah satu transportasi favorit orang-orang saat travelling. Selain karena alasan harga tiket yang murah, naik kereta juga membuat kita merasa nyaman. Ya, setelah mengalami peremajaan armada dan perbaikan sistem KAI, kereta api memang menawarkan banyak kenyamanan kepada pelanggannya.

Nggak hanya soal nyaman, naik kereta menghindarkan kita dari suntuk dan bosannya terjebak dalam kemacetan. Karena memiliki jalur sendiri, kereta merupakan kendaraan antimacet serta tepat waktu berangkat dan tibanya.

Namun, agar perjalananmu naik kereta semakin nyaman, kamu perlu duduk di kursi yang tepat ya, Millens. Saat membeli tiket kereta secara daring, kamu bisa menentukan nomor kursi yang menurutmu bakal memberikan kenyamanan selama perjalanan.

Bagaimana kriteria tempat duduk yang nyaman? Biar nggak bingung, coba ikuti beberapa tips memilih tempat duduk nyaman berikut ini.

Pilih yang Sesuai Arah Laju Kereta

Pilihlah nomor kursi yang searah dengan laju kereta untuk menghindari rasa pusing dan mual selama perjalanan. (Antara/Budi Candra Setya)
Pilihlah nomor kursi yang searah dengan laju kereta untuk menghindari rasa pusing dan mual selama perjalanan. (Antara/Budi Candra Setya)

Kalau kamu tipe orang yang mudah merasa pusing dan mual saat naik kendaraan umum, memilih kursi yang searah laju kereta adalah sesuatu yang penting. Oleh karena itu, penting banget memperhatikan nomor kursi yang kamu pilih.

Kalau kereta melaju ke timur, sebaiknya kamu juga memilih kursi yang menghadap ke timur. Misalnya saja kamu akan naik kereta dari Jakarta ke Yogyakarta, maka pilihlah kursi antara nomor 12-19 jika ingin searah dengan laju kereta ke Yogyakarta. Sebaliknya, pilihlah tempat duduk bernomor 1-11 saat kereta ke arah Jakarta dari Yogyakarta.

Namun, pastikan memilih kursi yang berada di posisi tengah, ya! Duduk di tengah menghindarkanmu dari gangguan seperti suara bising yang berasal dari pintu akses yang kerap dibuka tutup.

Pilih Dekat Jendela

Dengan duduk di dekat jendela, kamu bisa melihat pemandangan di sepanjang perjalanan. (Thejakartapost/Arya Dipa)
Dengan duduk di dekat jendela, kamu bisa melihat pemandangan di sepanjang perjalanan. (Thejakartapost/Arya Dipa)

Ketimbang duduk di sebelah kursi lain, duduk di dekat jendela lebih memberikan banyak kelebihan. Dengan duduk di dekat jendela, kamu bisa melihat pemandangan di sepanjang perjalanan yang kamu tempuh. Karena bisa melihat banyak pemandangan, otomatis kamu akan terhindar dari rasa bosan.

Nah, untuk mendapatkan tempat duduk dekat jendela, pesanlah kursi dengan kode A atau D. Selain bisa melihat pemandangan, kamu juga bisa mengisi daya baterai gawai melalui stop kontak yang ada di dekat jendela.

Hindari Kursi Dekat Bordes

Bordes atau sambungan gerbong selalu menciptakan bunyi yang keras dan berisik. Selain itu, suara pintu sambung yang dibuka dan tutup oleh penumpang atau petugas juga mengganggu. Jika tujuanmu naik kereta untuk beristirahat sejenak selama perjalanan, maka hindari memilih tempat duduk dekat bordes.

Pilih Kursi Dekat Gerbong Restorasi

Gerbong restorasi merupakan gerbong yang menyediakan berbagai makanan dan minuman untuk para penumpang. (Ngopibareng/Arif Afandi)
Gerbong restorasi merupakan gerbong yang menyediakan berbagai makanan dan minuman untuk para penumpang. (Ngopibareng/Arif Afandi)

Jika kamu menggunakan kereta untuk menempuh perjalanan jarak jauh, pilihlah kursi dekat gerbong restorasi. Gerbong restorasi merupakan gerbong yang menyediakan berbagai makanan dan minuman untuk para penumpang.

Dengan berada di dekat gerbong restorasi, kamu akan mudah memesan makanan jika rasa lapar datang. Nggak hanya itu, cobalah sensasi minum kopi sambil bersantai di gerbong restorasi.

Nah, setelah tahu tips memilih kursi kereta, pasti kamu sudah nggak bingung lagi bakal memesan kursi nomor berapa, kan? Jadi, ayok traveling! (Idn/IB20/E05)

Tags:

Inibaru Indonesia Logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Sosial Media
A Group Member of:
medcom.idmetro tv newsmedia indonesialampost

Copyright © 2023 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved