inibaru indonesia logo
Beranda
Hits
Benar Nggak Parfum Mobil Rasa Jeruk Bikin Mabuk Perjalanan?
Minggu, 2 Apr 2023 17:00
Penulis:
Arie Widodo
Arie Widodo
Bagikan:
Ilustrasi: Parfum mobil rasa jeruk. (Nova)

Ilustrasi: Parfum mobil rasa jeruk. (Nova)

Meme tentang parfum mobil rasa jeruk bikin mabuk perjalanan bisa dengan mudah kamu temui di media sosial. Tapi, apakah memang benar jika parfum dengan aroma tertentu bisa menyebabkan efek tersebut?

Inibaru.id – Kamu pasti pernah melihat meme ini bertebaran di media sosial. Intinya, jika kamu masuk ke dalam mobil, baik itu mobil pribadi ataupun kendaraan umum, jika parfum yang dipasang adalah parfum rasa jeruk, kemungkinan akan mengalami mabuk perjalanan akan meningkat. Lantas, apa benar parfum mobil rasa jeruk memang bikin pusing?

Ternyata, sudah ada penelitian yang membahas tentang hal ini, lo. Penelitiannya berjudul Is There a Relationship between Odors and Motion Sickness yang dibuat oleh A C Pailard dan kawan-kawan. Penelitian ini diterbitkan di National Library of Medicine (NCBI) pada 3 Maret 2014 lalu.

Dalam penelitian yang melibatkan 18 orang yang dibagi dalam 3 grup tersebut dengan masing-masing aroma yang dipakai adalah bensin, lemon, dan air, disebutkan bahwa nggak ada kaitan antara wewangian dengan mabuk perjalanan, Millens.

Hal ini dibenarkan oleh Dokter Krisna Adhi di akun Quora miliknya. Menurutnya, penyebab mabuk perjalanan bukanlah bau-bauan.

“Dalam dunia kedokteran, penyebab mabuk perjalanan bukan dari bau-bauan, apalagi pewangi mobil tertentu,” ucapnya.

Meski begitu, saat pusing karena mengalami mabuk perjalanan, indera penciuman cenderung jadi lebih sensitif. Oleh karena itulah, saat ada wewangian dengan aroma kuat seperti aroma jeruk, kita pun akan merasakan intensitas aroma yang jauh lebih kuat. Efeknya, kita pun jadi semakin pusing dan mudah mabuk, deh.

Tapi, mabuk perjalanan bisa menyebabkan indera penciuman hipersensitif. (Bobo/Djedzura)
Tapi, mabuk perjalanan bisa menyebabkan indera penciuman hipersensitif. (Bobo/Djedzura)

Hal ini dibenarkan oleh peneliti dari Umea University bernama Linus Andersson. Orang-orang yang memiliki indera penciuman hipersensitif cenderung tidak toleran dengan aroma-aroma tertentu.

“Orang yang hipersensitif bakal merasakan aroma tersebut semakin kuat walau konsentrasinya nggak berubah,” ucapnya sebagaimana dikutip dari Kompas (27/12/2020).

Kondisi ini akan mempengaruhi tubuh dan pikiran, khususnya saat berada dalam kendaraan. Dampaknya, orang-orang dengan kondisi jadi lebih mudah mengalami mabuk perjalanan, deh.

Melihat fakta ini, jika kita memiliki kendaraan dan ada orang lain yang ingin menumpang di dalamnya, sebaiknya kita nggak sembarangan memasang parfum mobil karena kita nggak tahu apakah orang tersebut hipersensitif akan wewangian atau tidak.

Sebaliknya, kalau kamu mau menumpang kendaraan orang lain atau naik kendaraan umum, sebisa mungkin memakai trik-trik berikut ini demi mencegah mabuk perjalanan.

· Jangan bermain ponsel atau membaca buku selama perjalanan.

· Sering memandang ke luar jendela kendaraan.

· Minum obat anti mabuk perjalanan.

· Mengatur napas dengan baik, teratur, serta konsisten.

Ingat ya, Millens, mabuk perjalanan itu nggak enak banget. Jadi, sebisa mungkin kamu mencegahnya apalagi jika perjalanannya cukup jauh. (Arie Widodo/E05)

Komentar

inibaru indonesia logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Social Media

A Group Partner of:

medcom.idmetrotvnews.commediaindonesia.comlampost.co
Copyright © 2024 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved