BerandaHits
Selasa, 25 Jan 2022 11:00

Meski Namanya Bir Jawa, Nggak Bikin Mabuk, kok!

Meski Namanya Bir Jawa, Nggak Bikin Mabuk, kok!

Bir Jawa, nggak bikin mabuk meski mirip bir alkohol. (Twipost)

Warna dan rupanya mirip bir betulan yang beralkohol. Tapi namanya bir jawa dan aman diminum siapa saja karena nggak bikin mabuk. Kok bisa?

Inibaru.id – Begitu menyebut nama bir, yang terpikir langsung tentu saja adalah minuman beralkohol, khususnya di negara-negara Barat. Di Indonesia, ada juga lo bir, namanya bir Jawa. Sama-sama bisa bikin mabuk nggak, ya?

Meski namanya bir Jawa dan rupanya mirip dengan bir beralkohol, bir yang satu ini nggak bikin mabuk, Millens. Hal ini disebabkan oleh nihilnya kandungan alkohol di dalamnya. Maklum, bahan-bahannya berupa rempah-rempah yang justru baik bagi kesehatan.

Omong-omong, bir Jawa ini sebenarnya adalah salah satu minuman khas dari Yogyakarta. Rupanya memang mirip dengan bir sungguhan karena warnanya yang kuning transparan sekaligus adanya buih-buih udara di bagian permukaan.

Menariknya, layaknya bir asli, kamu bakal merasakan sensasi hangat pada tubuh usai meneguknya.

Nah, karena bahannya adalah rempah-rempah layaknya serai, kayu manis, kapulaga, cengkeh, jahe, kayu manis, atau bahkan kulit kayu secang, kalau habis minum bir Jawa, sensasi pegal-pegal, masuk angin, hingga capek bakal hilang.

Bir Jawa terbuat dari rempah-rempah. (beergembira)
Bir Jawa terbuat dari rempah-rempah. (beergembira)

Lantas, bagaimana sih membuat bir Jawa ini? Nah, soal bagaiman warnanya bisa kekuningan seperti bir asli, disebabkan oleh adanya bahan kayu secang serta jeruk nipis. Kalau membuatnya sih, tinggal merebus semua rempah yang sudah disebutkan di atas. Setelahnya, rebusan ini disaring, diberi tambahan jeruk nipis, lalu dikocok. Nah, proses terakhir inilah yang membuatnya jadi berbuih seperti bir asli.

Yang menarik, bir Jawa ini bisa disajikan dingin ataupun hangat, lo. Intinya sih, sama-sama nikmat.

Omong-omong, jadi penasaran ya mengapa namanya bir Jawa? Jadi, dulu pada saat Sultan Hamengkubuwono VIII masih memerintah Yogyakarta, bir Jawa ditemukan sebagai ‘penyeimbang’ bir betulan yang disajikan saat orang-orang Belanda bertamu. Maklum, Sultan kan nggak bisa minum alkohol.

Bir Jawa ini beneran dibuat rupanya semirip mungkin dengan bir alkohol agar orang-orang Belanda mengira Sultan ikut minum. Padahal yang diminum beda.

Dulu, bir Jawa dianggap sebagai minuman eksklusif Keraton. Namun, kini minuman ini justru dianggap sebagai warisan yang perlu dilestarikan dan bisa dicoba siapa saja. Kamu pun bisa menemukan bir Jawa di sejumlah tempat makan, di sana.

Tertarik mencoba bir Jawa, Millens? (Kom/IB09/E05)

Tags:

Inibaru Indonesia Logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Sosial Media
A Group Member of:
medcom.idmetro tv newsmedia indonesialampost

Copyright © 2023 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved